Makanan Apa Saja Yang Memberikan Efek Kenyang Lebih Lama ?

header niko 728 x 90

makan telur

InspirasiBersama.com – Mungkin saat ini anda mencari informasi tentang makanan apa saja yang memberikan efek kenyang lebih lama.  Hal ini disebabkan karena saat ini kita menjalankan ibadah puasa. Menurut salah seorang ahli gizi olahraga yang bernama Molly Kimball, RD mengatakan bahwa makanan yang kaya kandungan protein dan lemak sehat bisa memberikan efek kenyang lebih lama.

Dengan mengkonsumsi jenis makanan yang memberikan efek kenyang lebih lama juga sangat bagus bagi mereka yang menjaga berat badan ideal. Dengan merasa masih kenyang, maka mendorong kita untuk tidak makan secara berlebih.

Baca Juga : Apa Bahayanya Jika Makan Terlalu Kenyang 

Berikut beberapa jenis makanan yang bisa memberikan efek kenyang lebih lama :
Telur
Jenis makanan pertama adalah telor. Sangat bagus mengkonsumsi 1 butir telor saat sarapan pagi hari. Hal ini disebabkan karena telor kaya akan kandungan kolin yang mempunyai manfaat dalam proses metabolisme lemak. Selain itu telor juga rendah akan kandungan karbohidrat.

Baca Juga  Menurut Psikolog, Orang Yang Menikah Dengan Teman Sekantor Akan Menyebabkan Efektivitas Kerja Menurun

Berapa butir telor perhari yang boleh kita konsumsi setiap harinya ? Menurut para pakar makan 2 butir telor perhari sudah termasuk cukup. Jika anda ingin mengkonsumsinya lebih banyak lagi, maka anda bisa hanya mengkonsumsi putihnya saja.
Quinoa
Jenis makanan kedua yang memberikan efek kenyang lebih lama adalah quinoa. Caranya anda bisa mengganti menu nasi putih yang kaya karbohidrat dengan secangkir quinoa. Dalam satu cangkir quinoa mengandung sekitar 8 gram protein dan serat sebanyak 2,5 gram. Dengan kandungan protein dan serat yang cukup tinggi, maka konsumsi quinoa akan memberikan dampak kenyang lebih lama.

Konsumsi quinoa juga sangat bagus bagi penderita diabetes untuk menjaga kadar gula darah tetap stabil. Selain itu konsumsi quinoa juga bisa digunakan dalam program penurunan berat badan.
Buah berry
Ternyata buah yang satu ini bisa membuat kita kenyang lebih lama. Anda bisa mengkosnumsi buah berry sebagai alternatif camilan pengganti permen dan kue manis yang justru akan membuat berat badan kita meningkat. Yang membuat buah berry bisa memberikan efek kenyang lebih lama dikarenakan oleh kandungan serat yang tinggi.

Baca Juga  Apa Yang Terjadi Jika Tubuh Kita Kekurangan Zinc ?

Untuk mendapatkan hasil yang bagus kita bisa mengkonsumsi buah berry dua sampai tiga kali dalam sehari. Selain kandungan serat yang tinggi, buah berry juga kaya kandungan antioksidan yang sangat bagus bagi pencegahan kanker.
Brokoli
Sering konsumsi jenis sayuran brokoli, seledri, wortel dan kubis ternyata bisa membuat kita kenyang lebih lama. Hal ini disebabkan karena kandungan serat yang tinggi pada jenis sayuran tersebut. Anda bisa menggunakan sayuran tyersebut sebagai salad, sup dan sandwich.
Bayam
Konsumsi bayam ternyata bisa memberikan tenaga serta membuat kita kenyang lebih lama. Konsumsi bayam juga sangat bagus dalam rangka menurunkan kadar lemak dalam tubuh.

Ada banyak kandungan nutrisi yang terkandung dalam bayam diantaranya vitamin A, B, E, C, K , besi, mangan, folat dan magnesium. Dengan kandungan nutrisi yang banyak, maka akan sangat bagus bagi kesehatan tubuh kita.
Alpukat
Mengapa konsumsi buah alpukat bisa membuat kita kenyang lebih lama ? Hal ini disebabkan karena dalam buah alpukat banyak terkandung lemak tak jenuh tunggal dan lemak omega-3 yang sangat bagus bagi tubuh serta membuat kita terasa lebih kenyang dan tidak mudah lapar.

Baca Juga  Khasiat Luar Biasa Dari Buah Nangka

Berdasarkan sebuah hasil studi yang dilakukan oleh Loma Linda University mengatakan bahwa saat anda merasa lapar, maka cobalah untuk makan setengah buah alpukat, maka anda akan terasa kenyang dan terhindar dari konsumsi makanan secara berlebih.

Artikel Terkait : Makanan Yang Bisa Meredakan Stres Serta Menjaga Berat Badan Tetap Ideal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *