Lebih Baik Mana ? Tisu atau Sapu Tangan Saat Kita Flu ?

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Lebih baik mana ? tisu atau sapu tangan saat kita flu. Penyakit flu atau influenza adalah jenis penyakit yang paling sering diderita oleh kebanyakan orang. Penyakit ini kerap terjadi pada cuaca yang sedang tak menentu.

 

Namun tahukah kita bahwa sebenarnya penyakit flu ini bukan disebabkan karena cuaca yang tak menentu, melainkan disebabkan karena virus. Virus inilah yang membuat penderita flu merasakan demam, pilek dan terkadang pusing.

Baca Juga : 3 Jenis Penyakit Yang Sering Menular Saat Musim Hujan dan Cara Mencegahnya

sumber gambar : tempo.co.id

 

Namun yang akan kita bahas disini bukan penyakitnya, namun respon kita saat terserang flu. Kebanyakan orang akan menggunakan tisu atau sapu tangan untuk membuang ingus saat bersin. Sebenarnya lebih baik mana antara tisu dan sapu tangan untuk membersihkan ingus saat bersin ?

Baca Juga  Apakah Benar Orang Yang Sudah Kena Virus DBD Menjadi Kebal ?

 

1. Tisu

 

Mari kita bahas satu persatu. Tisu adalah alat yang sangat praktis dan banyak digunakan oleh banyak orang. Dengan menggunakan tisu maka banyak orang beranggapan virus flu bisa kita kurangi dan segera dibuang.

 

 

Menggunakan tisu saat sedang flu juga mencegah potensi penyebaran virus saat bersin. Namun jika dipandang dari sudut lingkungan, tisu tergolong kurang ramah lingkungan.

 

2. Sapu Tangan

Baca Juga  Apa Saja Manfaat Daun Bawang Bagi Kesehatan

 

Dari sudut pandang lingkungan, sapu tangan adalah benda yang ramah lingkungan karena bisa kita cuci dan pakai kembali.

 

Namun menggunakan sapu tangan untuk membersihkan ingus saat flu cenderung meningkatkan resiko penyebaran virus yang lebih besar. Hal ini disebabkan karena sapu tangan digunakan beberapa kali dan menjadi lembab dan banyak lendir.

 

Potensi penularan virus ini akan lebih besar saat kita tidak mencuci tangan pasca membersihkan ingus dengan sapu tangan.

 

Lantas bagaimana pendapat para pakar kesehatan tentang ini ? salah seorang pakar kesehatan mengatakan bahwa tisu bisa menjadi solusi yang lebih baik jika dibandingkan dengan sapu tangan.

Baca Juga  Mengapa Saat Sedang Sakit Nafsu Makan Menjadi Menurun ?

 

Meskipun demikian bukan berarti menggunakan sapu tangan saat flu tidak diperbolehkan. Anda boleh saja menggunakan sapu tangan, namun yang harus diperhatikan adalah kebersihan tangan dan sapu tangan itu sendiri yang bisa meningkatkan penyebaran virus semakin luas.

Artikel Terkait : Bagaimana Cara Mencuci Tangan Yang Benar ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *