Lakukan Tips Ini Jika Kesulitan Untuk Berhenti Dari Kebiasaan Merokok

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Siapa bilang berhenti merokok mudah ? Berhenti dari kebiasaan merokok bukan perkara yang mudah, kebanyakan dari mereka merasa kesulitan yang disebabkan karena pengaruh lingkungan yang setiap saat menggoda. Apabila anda termasuk orang yang kesulitan untuk berhenti merokok, anda bisa mencoba melakukan beberapa tips ini.

Berhenti merokok merupakan tindakan yang sangat bagus untuk menjaga kesehatan yang lebih baik. Tidak ada cara lain bagi anda yang merokok untuk bisa tetap hidup dengan sehat. Apapun alasan orang untuk merokok, tidak berdampak positif bagi kesehatan kita.

berhenti-merokok

cara berhenti dari kebiasaan merokok

Berikut beberapa tips bagi anda yang merasa kesulitan untuk berhenti merokok :

Sesap air dingin dan makan makanan kecil

Langkah pertama yang bisa dilakukan untuk berhenti merokok adalah menghisap air dingin dengan menggunakan sedotan dan konsumsi makanan kecil. Berdasarkan hasil studi kegiatan menghirup air dingin menggunakan sedotan mempunyai manfaat peningkatan produksi dopamin dalam tubuh. Hal ini akan membuat suasana hati kita lebih tenang sehingga sangat bagus untuk mengatasi suasana hati yang buruk. Selain itu konsumsi makanan kecil juga menghindarkan kita dari merokok.

Baca Juga  Diprediksi Pada Tahun 2050 Separuh Populasi Manusia Membutuhkan Kacamata

Baca Juga : Merokok Dapat Menyebabkan Kerusakan DNA Secara Permanen

Catatan imbalan instan

Coba anda rasakan perubahan yang terjadi saat anda berhenti merokok. Ada banyak hal yang terjadi misalnya bau napas lebih segar, badan lebih energik, bisa menghemat uang, bisa merasakan makanan dengan lebih nikmat dll. Hal ini penting untuk menyadarkan akan manfaat berhenti merokok.

Menyikat gigi lebih sering

Bagi anda yang kesulitan untuk berhenti dari kebiasaan merokok, maka anda bisa melakukan kebiasaan baik seperti lebih sering menyikat gigi. Dengan begitu akan menyebabkan kondisi mulut yang lebih segar sehingga mengurangi keinginan untuk merokok.

Baca Juga  Seorang Anak Yang Sering Stres Meningkatkan Resiko Serangan Asma

Hindari alkohol

Kebanyakan mereka yang merokok juga akan mengkonsumsi alkohol. Untuk berhenti total dari merokok, maka anda harus berhenti juga mengkonsumsi alkohol. Konsumsi alkohol akan bisa berdampak pada kesulitan untuk menahan diri menghindarkan merokok.

Mencari zona tidak merokok

Dorongan untuk merokok kembali bisa muncul karena lingkungan yang masih banyak orang merokok. Jika hasrat merokok muncul kembali, maka anda bisa mencari tempat yang bebas dari orang merokok untuk meredam keinginan merokok.

Ingat alasan untuk berhenti

Tips selanjutnya untuk bisa berhenti merokok dengan sebenarnya adalah dengan cara menulis daftar tujuan untuk berhenti merokok. Anda bisa menempel tujuan anda berhenti merokok di meja kantor, meja kerja di rumah, kamar tidur sehingga kita selalu diingatkan untuk konsisten menghindari rokok.

Aktiflah setiap hari

Baca Juga  Makanan yang Bisa Membuat Perut Tak Tahan Kenyang atau Cepat Lapar

Tips terakhir untuk menghindari kebiasaan merokok adalah dengan cara banyak melakukan aktivitas fisik atau rajin berolahraga. Saat tubuh kita banyak bergerak, maka akan mendorong untuk pelepasan kimia yang membuat suasana hati menjadi lebih senang. Hal ini tentu sangat baik untuk menhindarkan stres.

 

Mereka yang kembali merokok biasanya mengalami perasaan yang kurang bahagia saat berhenti merokok. Cara yang paling efektif untuk mengembalikan suasana hati lebih bahagia adalah dengan cara rutin melakukan olahraga atau banyak bergerak.

Sumber : Kompas

Artikel Terkait : Dampak Buruk Wanita Yang Merokok

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *