Lakukan Hal Ini Agar Tetap Bisa Tidur Nyenyak Saat Datang Bulan

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Sering kali kita mendengar seorang wanita yang mengaku kesulitan  untuk bisa tidur dengan nyenyak saat menstruasi. Mengapa hal ini bisa terjadi dan apakah ini merupakan hal yang normal ? Jika anda mengalaminya, sebaiknya melakukan beberapa hal ini.

 

Seorang wanita yang mengalami menstruasi, maka terjadi perubahan hormon dalam tubuhnya. Kondisi ini juga mempengaruhi suasana hati seorang wanita. Bahkan mengutip dalam National Sleep Foundation mengatakan bahwa hampir sekitar 67 % wanita akan mengalami perubahan emosional selama menstruasi.

tidur-nyenyak-saat-haid

sumber gambar : www.dokter.id

Dengan adanya perubahan suasana hati yang berhubungan dengan perubahan komposisi hormon, maka kondisi ini kerap menyebabkan seorang wanita tidak bisa tidur dengan nyenyak. Untuk mengatasi hal ini, maka anda bisa melakukan beberapa tips berikut :

 

Jadikan tidur prioritas Anda

Hal pertama yang harus anda lakukan adalah menganggap tidur sebagai hal yang prioritas atau sangat penting bagi hidup anda. Hal ini sesuai dengan saran pakar kesehatan dari New York yang bernama Margaret Moline, PhD.

Baca Juga  Pentingnya Melatih Anak Untuk Menyelesaikan Masalah Sendiri

 

Dalam kenyataannya masih banyak kalangan wanita yang menganggap bahwa tidur bukan sesuatu yang penting bagi kesehatan. Kondisi inilah yang sering kali menyebabkan seorang wanita yang mengalami menstruasi tidak bisa melakukan tidur dengan berkualitas.

 

Untuk mendapatkan tidur yang berkualitas, anda harus memperhatikan durasinya. Sangat disarankan untuk melakukan tidur pada malam hari selama 7-8 jam.

 

Buat jadwal untuk tidur

Hal yang kedua yang anda lakukan agar tetap bisa tidur nyenyak saat datang bulan adalah dengan cara membuat jadwal tidur setiap hari. Dengan begitu kita akan terbiasa untuk tidur tepat waktu dan melakukan tidur dengan durasi yang cukup setiap harinya meskipun dalam kondisi menstruasi.

Baca Juga  Tips Membuat Anak Mau Tidur Setelah Pulang Sekolah

Baca Juga : Tips Agar Bangun Tidur Terasa Lebih Bahagia

 

Perhatikan hal-hal dasar

Untuk bisa tidur dengan nyenyak, anda bisa melakukan hal-hal dasar yang terbilang sederhana namun bermanfaat. Misalnya saja membuat suasana kamar yang nyaman, tenang, dan mematikan lampu saat tidur.

 

Ketika merasa lapar, sebaiknya mengkonsumsi makanan ringan

Tahukah kita bahwa wanita yang sedang haid biasanya akan mudah terasa lapar. Apabila anda merasakan hal ini pada malam hari menjelang tidur, maka sebaiknya anda mengkonsumsi makanan ringan yang sehat dan tidak mengkonsumsi makanan yang berat.

 

Anda bisa memilih mengkonsumsi biskuit untuk menahan rasa lapar anda menjelang tidur. Apabila anda makan berat seperti nasi, maka akan membuat tidur anda kurang nyaman karena terasa kenyang dan memicu obesitas.

 

Pikirkan hal-hal yang baik dan indah

Hal yang mendasar agar seseorang bisa tidur dengan nyenyak adalah dengan tidak memikirkan hal-hal yang membuat kita gelisah. Ubahlah cara berfikir tersebut menjadi hal-hal yang menyenangkan seperti acara liburan ke gunung bersama keluarga anda.

Baca Juga  Penyebab Penyakit Jantung Bisa Menyerang Usia Muda

 

Jangan biasakan anda memikirkan masalah hidup saat menjelang tidur. Kebiasaan ini akan membuat kita susah tidur dan bangun merasa badan masih lemas karena tidur kurang berkualitas. Anda juga bisa melakukan banyak bersyukur dan berdoa agar pikiran kita jauh lebih tenang menjelang waktu tidur.

Artikel Terkait : Makanan Yang Bisa Meningkatkan Kualitas Tidur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *