Lakukan 5 Tips Ini Untuk Anda Yang Lama Belum Hamil

header niko 728 x 90
minum-obat-agar-bisa-hamil

sumber gambar : www.alodokter.com

Inspirasibersama.com – Tidak dipungkiri bahwa masih banyak pasangan yang sudah lama menikah namun belum juga mendapatkan kehamilan. Bahkan menurut data WHO menyebutkan di Indonesia terdapat 12 sampai 15 persen pasangan yang mengalami gangguan reproduksi.

Bagi mereka pasangan yang belum juga mempunyai momongan mengaku sangat stres. Apabila hal ini terus terjadi akan bisa menyebabkan pasangan menjadi terganggu kesehatan mentalnya dan meningkatkan emosi. Kondisi ini justru membuat kesuburan menjadi menurun.

Kabar gembiranya adalah ada 5 tips yang bisa kita lakukan jika ternyata mengalami lama belum mempunyai momongan. Namun tetap disarankan untuk memeriksakan diri ke dokter tentang infertilitas yang anda alami. Dengan mengetahui penyebab anda mengalami infertilitas, maka akan bisa memaksimalkan tips yang diberikan berikut ini :

 

Metode #1 Obat kesuburan
Tips pertama yang bisa kita lakukan jika lama belum memiliki momongan adalah dengan cara dilakukan suntik obat kesuburan atau dalam bentuk pil. Dengan pemberian obat jenis ini akan membantu pasangan meningkatkan produksi hormon yang mempengaruhi ovulasi sehingga jumlah sel telur wanita lebih banyak sehingga memungkinkan kehamilan lebih tinggi.

Baca Juga  Manfaat Daun Mint Bisa Membantu Suksesnya Diet

Baca Juga : Benarkah Yoga Bisa Meningkatkan Kualitas Sperma

Efek samping:

Pilihan tips model ini bukan tanpa resiko. Ada beberapa resiko efek samping menggunakan obat kesuburan jenis ini. Beberapa diantaranya adalah adanya rasa pusing, mual, kembung dan hot flashes. Apalagi untuk jenis obat suntiknya yang bisa meningkatkan resiko prematur, melahirkan anak kembar dan munculnya kista ovarium.
Metode #2 Inseminasi buatan atau artificial insemination.
Tips kedua yang bisa dilakukan bagi pasangan yang mengalami gangguan infertilitas adalah dengan cara melakukan inseminasi buatan atau lebih dikenal dengan sebutan IUI (Intrauteriane Insemination). Dalam metode ini dilakukan dengan cara memasukkan sperma pria ke rahim wanita dengan cara menggunakan selang kateter.

Efek samping:

Efek samping yang bisa ditimbulkan jika memilih cara ini adalah meningkatkan resiko kehamilan kembar dan mempunyai efek samping yang hampir sama saat kita mengkonsumsi obat kesuburan lainnya.
Metode #3 In Vitro Fertilization (IVF)
Metode ketiga yang bisa dilakukan untuk emngatasi pasangan yang belum mempunyai momongan adalah 3 In Vitro Fertilization (IVF). Dalam metode ini akan dilakukan suatu ekstrak sel telur difertilisasi dengan sperma pasangan. Hal ini akan berlangsung dalam sebuah laboratorium yaang dilakukan secara bertahap. Setelah terjadi sebuah perkembangan embrio, maka satu akan dimasukkan dalam rahim dan sisanya akan disimpan dalam laboratorium.

Baca Juga  Sering Mengunyah Permen Ternyata Tidak Baik Bagi Kesehatan

Bagi anda yang memilih jenis tips ini akan memakan banyak waktu, biaya dan pengorbanan fisik. Selain itu penting juga dalam melakukan metode ini untuk tetap mengkonsumsi obat kesuburan.

 

Metode #4 Intracytoplasmic Sperm Injection (ICSI)
Dalam melakukan proses ICSI ini akan dilakukan sebuah pemilihan oleh seorang ahli embriologi terhadap sperma pasangan. Dari sekian banyak sperma akan dilakukan pemilihan yang paling baik dan dilakukan suntikan ke dalam sel telur pasangan. Dalam melakukan hal ini menggunakan jarum mikroskopis sampai terbentuknya embrio. Setelah terbentuk suatu embrio, maka akan dilakukan pemindahan ke dalam rahim pasangan kita.

Baca Juga  Apa Saja Perubahan Fisik Yang Terjadi Saat Kehamilan ?

Jika anda memilih metode ini untuk bisa mendapatkan kehamilan, maka akan mengeluarkan biaya yang tidak sedikit. Namun metode ini sangat cocok bagi seorang pasangan pria yang memiliki jumlah sperma yang sedikit.
Metode #5 Operasi Alat Reproduksi
Metode kelima yang bisa dilakukan bagi pasangan suami istri yang belum memiliki momongan adalah dengan cara operasi alat reproduksi. Hal ini bertujuan untuk menormalkan kembali organ reproduksi yang kurang benar, misalnya saja membersihkan adanya sumbatan dan jaringan parut pada organ reproduksi baik pria maupun wanita.

Sumber : Kompas.com

Artikel Terkait : Bahaya Sering Menggunakan Celana Ketat Bisa Mengurangi Kesuburan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *