Lakukan 5 Cara Sehat Ini Jika Ingin Menambah Berat Badan

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Orang yang obesitas pasti erat kaitannya dengan lemak berlebih dalam tubuh. Namun perlu diketahui juga bahwa tak semua lemak jahat bagi tubuh. Ada jenis lemak yang justru sangat bagus dan dibutuhkan oleh tubuh kita.

Tubuh kita membutuhkan cadangan lemak yang bisa berfungsi sebagai cadangan energi untuk menunjang tubuh berfungsi dengan lebih optimal. Kondisi ini sangatlah penting saat kita melakukan pekerjaan atau olahraga yang berat sebagai cadangan energi.

sumber gambar : http://www.kiat-sehat.com

Bahkan keberadaan lemak yang baik dalam tubuh kita berhubungan dengan perkembangan otak, mencegah pembekuan darah dan mencegah pula terjadinya inflamasi.

Jadi beruntung sekali jika anda saat ini memiliki cadangan lemak yang cukup dalam tubuh. Banyak sekali orang yang tak mempunyai cadangan lemak yang cukup dalam tubuhya. Misalnya saja mereka yang punya tubuh kurus dengan indeks massa tubuh yang masih kurang dari nilai normal.

Untuk bisa mengetahui indeks massa tubuh berada di bawah batas normal, anda bisa menghitungnya secara manual. Atau sekarang ini banyak situs di internet yang menyediakan cek indeks massa tubuh secara otomatis dengan memasukkan berat badan dan tinggi badan anda.

Penyebab berat badan rendah

Orang yang mengalami berat badan kurang dari ukuran normal bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Nah ini yang juga penting untuk dijadikan pedoman bahwa tak semua orang yang kurus mengalami masalah kesehatan yang perlu dilakukan suatu penanganan.

Baca Juga  Memijat Wajah Bisa Menjadi Solusi Kulit Kencang dan Awet Muda

Berikut kami sampaikan beberapa penyebab seseorang memiliki berat badan yang kurus yang dilansir dari sebuah situs yang bernama Family Doctor :

• Genetika

Bagi anda yang merasa saat ini punya badan yang kurus yang sudah berlangsung sejak usia SMA. Jika ternyata keluarga anda juga merasakan hal yang demikian, maka kemungkinan besar bentuk tubuh anda yang kurus sangat dipengaruhi oleh genetika.

• Aktivitas fisik tinggi

Tahukah anda bahwa ativitas fisik yang kita lakukan sangat mempengaruhi berat badan. Misalnya saja anda bekerja yang mengharusnya lebih banyak mobilitas fisik untuk berjalan, tentu hal ini berbeda dengan teman anda yang kerjanya hanya duduk dalam jangka waktu yang lama. Artinya bahwa pekerjaan anda membuat proses metabolisme dalam tubuh berjalan lebih cepat sehingga memicu berat badan anda lebih langsing.

• Penyakit

Penyakit adalah sesuatu hal yang sangat mempengaruhi kemampuan tubuh seseorang dan berpengaruh terhadap nafsu makan.

Bila anda merasa penurunan berat badan yang dialami tidak disebabkan karena aktivitas atau olahraga yang berat dan diet, maka anda boleh curiga adanya penyakit dalam tubuh. Beberapa penyakit yang berhubungan dengan berat badan misalnya tiroid, masalah pencernaan, diabetes atau bahkan sampai kanker.

Untuk memastikan adanya masalah penyakit pada tubuh anda, perlu dilakukan konsultasi dan pemeriksaan yang dilakukan oleh seorang dokter.

• Obat

Siapa bilang obat tidak bisa menyebabkan seseorang bisa kurus. Ada beberapa obat yang mempunyai efek samping seperti rasa mual dan muntah. Terus ada tindakan medis yang juga sangat mempengaruhi nafsu makan seseorang yaitu kemoterapi.

Baca Juga  Apa Tanda Orang Tua Yang Mengalami Depresi ?

• Masalah psikologis

Seseorang yang sedang stres bisa berpengaruh pada pola makan yang sehat. Bahkan pada orang yang mempunyai gangguan kepercayaan diri, maka bisa berakibat terganggunya pola makan. Apabila anda merasa ada masalah pada psikologis yang berpengaruh pada nafsu makan, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter.

Menambah berat badan

Melakukan penambahan berat badan adalah bukan semudah membalikkan telapak tangan. Sebenarnya cara ini mudah dilakukan, tapi apakah sehat ?. Misalnya saja untuk menambah berat badan anda bisa makan kentang goreng saja dalam jumlah yang banyak setiap harinya. Pasti berat badan anda mengalami kenaikan.

Baca Juga : Benarkah Obesitas Bisa Menyebabkan Penurunan Daya Ingat ?

Tapi apakah kita mengesampingkan unsur kesehatan demi berat badan yang meningkat ?. Tentu kita maunya berat badan meningkat namun dilakukan dengan cara yang sehat pula. Berikut beberapa cara menambah berat badan yang dilakukan secara sehat :

1. Tambahkan kalori yang sehat

Cara pertama adalah dengan menambahkan jumlah kalori dalam makanan anda. Anda cukup menambahkan jenis makanan tertentu yang sehat dan mengandung lebih banyak kalori, misalnya kacang-kacangan, telur, alpukat, gandum dan susu full cream.

2. Pilih makanan padat gizi

Selanjutnya dengan cara memilih makanan yang padat kandungan gizi. Jangan sampai kita memilih jenis makanan yang junk food untuk mendongkrak berat badan. Anda bisa mengkonsumsi daging yang mengandung rendah lemak, keju dan daging ayam tanpa kulit. Sebagi sumber karbohidrat, anda bisa memilih jenis makanan dengan kadar glikemik yang rendah seperti beras merah dan biji-bijian.

Baca Juga  Ternyata Orang Yang Gemuk Belum Tentu Identik Dengan Penyakit

3. Ngemil

Kebiasaan ngemil memang bisa menaikkan berat badan. Disarankan bagi anda yang untuk dilakukan antara sarapan pagi dan makan siang, selanjutnya antara makan siang dan makan malam. Yang penting adalah memilih jenis camilan yang sehat dengan kandungan protein dan karbohidrat kompleks. Misalnya saja anda bisa mengkonsumsi kacang rebus, dan milk shake yang bisa dibuat sendiri di rumah.

4. Makan dalam porsi kecil

Bagi seseorang yang sedang dilanda masalah emosional, maka mengkonsumsi makanan dalam jumlah yang lebih besar atau sedang adalah hal yang cukup sulit.

Untuk mengatasi hal yang demikian, sebaiknya anda menerapkan pola makan sedikit namun sering. Dengan begitu maka bisa meningkatkan jumlah kalori yang anda butuhkan.

Artikel Terkait : Berikut Alasan Mengapa Ada Orang Yang Banyak Makan Namun Tidak Gemuk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *