Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Lakukan 5 Cara Ini Untuk Mencegah Keracunan Makanan

keracunan makanan

InspirasiBersama.com – Bagi anda yang pernah mengalami keracunan makanan, pastinya sangat tidak mengenakkan. Ada banyak gejala yang ditimbulakan saat kita mengalami keracunan makanan. Ada yang bersifat ringan seperti mual, nyeri perut dan kepala pusing. Ada juga bersifat berat seperti muntah, diare yang berlebihan sampai pada penurunan kesadaran.

Untuk mencegah keracunan makanan pada buah dan sayur, maka sangat disarankan untuk mencuci terlebih dahulu sebelum kita makan. Hal ini dikarenakan resiko terkontaminasi zat berbahaya dari luar. Selain itu sangat disarankan untuk menghindari konsumsi daging yang masih setengah matang. Disamping itu anda juga disarankan untuk menjaga kebersihan saat memasak makanan.

Berikut lima cara yang bisa dilakukan untuk mencegah keracunan makanan :
1. Jangan membiarkan makanan dalam suhu ruang lebih dari 3 jam.
Tahukah kita bahwa menaruh makanan dalam suhu ruangan selama lebih tiga jam bisa memicu keracunan makanan. Hal ini sering terjadi saat makan dalam pesta, prasmanan pernikahan dll.

Jika makanan tersebut anda biarkan lebih dari tiga jam pada suhu ruangan tanpa dimasak kembali sebelum makan, maka bisa memicu timbulnya keracunan. Hal ini dikarenakan pada makanan yang dibiarkan lebih dari tiga jam pada suhu ruangan akan memicu pertumbuhan spora dan bakteri yang bisa mengeluarkan sebuah racun.

Jenis bakteri yang sering meracuni makanan adalah Clostridium Perfringens. Selain itu ada Bacillus yang banyak dijumpai pada jenis makanan seperti nasi, sup dan sisa makanan.
2. Unggas harus benar-benar matang.
Jika anda makan ayam, maka masaklah sampai benar-benar matang. Hal ini dikarenakan berdasarkan kasus keracunan yang terjadi di Inggris yang sampai terjadi 500.000 dikarenakan karena konsumsi ayam yang setengah matang. Daging ayam yang masih setengah matang banyak mengandung campylobacter yang bisa beresiko keracunan.

Salah satu tips untuk menghindari keracuan unggas mentah adalah dengan cara rajin muncuci tangan saat setelah memegang daging unggas yang masih mentah. Selain itu anda juga harus menjaga kebersihan alat memasak yang digunakan untuk masak daging ayam mentah seperti pisau. Anda harus rajin mencuci tangan dan beberapa alat yang anda gunakan untuk memasak daging ayam mentah.
3. Daging cincang juga perlu dimasak dengan benar.
Bagi anda yang menyukai daging cincang, maka anda harus mewaspadai karena bisa memicu keracunan. Mengapa daging cincang beresiko ? Hal ini dikarenakan sering kita menjumpai mesin penggiling daging yang kurang terjaga akan kebersihannya. Ini akan memocu pertumbuhan bakteri pada mesin. Untuk mengantisipasi keracuan makanan akibat konsumsi daging cincang, maka saat mengolah daging cincang harus anda pastikan benar-benar matang.
4. Cuci bersih sayur dan buah.
Mencuci buah dan sayur dengan bersih merupakan cara yang efektif menghindarkan kita dari keracunan makanan. Saat sayuran dan buah-buahan tidak dicuci, maka akan ada banyak bakteri yang menempel seperti E.coli. Di Amerika keracunan makanan karena buah dan sayuran mencapai 46% dari total angka keracunan makanan.

Para ahli menyarankan untuk tetap mencuci buah baik yang memiliki kulit yang tergolong tebal misalnya melon, jeruk dan semangka. Selain itu saat anda memotong buah dengan pisau, anda juga harus memperhatikan resiko perpindahan bakteri dari kulit buah ke pisau yang bisa memicu keracunan.
5. Panaskan makanan yang sudah didiamkan selama 2 jam lebih.
Bagi anda yang menjumpai nasi yang mulai berbau yang sering kita jumpai pada nasi yang dibiarkan pada suhu ruangan lebih dari 12 jam, maka sangat disarankan untuk tidak memakannya lagi. Sebaiknya jika terdapat sisa nasi, maka sebelum anda makan panaskan terlebih dahulu karena bisa membunuh bakteri yang bisa menyebabkan keracunan. Namun yang perlu diketahui adalah spora bakteri pada nasi akan tetap hidup walaupun sudah kita panaskan. Saat memanaskan makanan, maka sangat disarankan sampai ada kepulan asap sehingga bakteri pada makanan bisa benar-benar mati.

Artikel Terkait : Benarkah Makanan Yang Jatuh ke Lantai Rentan Bakteri ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *