Lakukan 4 Hal Ini Jika Bayi Anda Sedang Demam

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Memiliki bayi atau anak yang berusia kurang dari dua tahun dan mengalami demam membuat kebanyakan orang tua panik. Secara teori, naiknya suhu tubuh merupakan sebuah respon alami tubuh saat terjadi sebuah infeksi dalam tubuh.

Apabila anda memiliki bayi dengan suhu tubuh lebih dari 38 derajat celcius, maka sebaiknya anda memeriksakan ke dokter. Hal ini jika demam dialami anak selama dua hari atau lebih. Selama itu anda bisa memberikan obat penurun panas dan kompres badan.

hal-hal yang harus dilakukan saat bayi demam

Meskipun demikian, meningkatnya suhu tubuh pada seorang anak secara umum bukan masalah kesehatan yang serius. Bisa juga seorang anak yang mengalami peningkatan suhu tubuh yang disebabkan karena aktivitas fisik yang tinggi. Kondisi suhu tubuh yang meningkat bisa juga disebabkan karena kondisi anak yang dehidrasi habis bermain kepanasan.

Baca Juga  Penyebab Anak Kecil Tiba-Tiba Terbangun Pada Malam Hari dan Menangis

Berikut ada 4 hal yang bisa anda lakukan jika mendapati anak atau bayi sedang demam :

1. Ukur suhu tubuhnya
Hal pertama yang harus anda lakukan jika mendapati anak atau bayi sedang demam adalah dengan cara mengukur suhu tubuhnya. Jangan biasakan mengukur suhu tubuh bayi dengan menggunakan telapak tangan. Hal ini hasilnya sangat tidak akurat. Anda bisa menggunakan termometer digital untuk mengukur suhu tubuh anak. Anda bisa meletakkan pada ketiak selama beberapa menit saja.

2. Jaga hidrasi tubuh
Hal kedua yang wajib anda lakukan adalah menjaga hidrasi tubuh anak atau bayi. Seorang bayi atau anak yang mengalami kenaikan suhu tubuh, maka menyebabkan tubuhnya dehidrasi. Bagi bayi caranya cukup mudah dengan cara mengecak produksi buang air kecil. Jika dalam jangka waktu yang lama bayi atau anak belum buang air kecil, maka itu tandanya dehidrasi.

Baca Juga  Penyebab Perut Buncit Pada Wanita Selain Faktor Makanan

Jika ternyata anak atau bayi anda mengalami dehidrasi, maka harus segera diberikan cairan. Bagi seorang bayi bisa diberikan ASI lebih banyak. Jika anak sudah lebih besar, maka bisa memberikan minum air putih lebih banyak.

Baca Juga : Cara Menangani Anak Yang Sedang Diare

3. Buat senyaman mungkin
Saat anak atau bayi anda demam, maka langkah ketiga yang harus kita lakukan adalah menjaga lingkungan tetap nyaman. Kita tahu bahwa anak atau bayi yang sedang sakit pasti akan jadi rewel. Selain itu jangan memberikan pakaian yang tebal dan memakai selimut saat bayi atau anak demam. Berikan baju dengan sirkulasi yang lebih mudah sehingga panas tubuh lebih mudah keluar.

Baca Juga  Makanan Apa Saja Yang Efektif Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

4. Konsultasi obat
Langkah terakhir adalah memberikan obat penurun panas. Bagi seorang bayi pemberian obat panas memerlukan dosis tertentu. Oleh karena itu sangat disarankan untuk konsultasi terlebih dahulu dengan seorang dokter untuk dosis yang aman.

Artikel Terkait : Cara Mengenali Tanda Fimosis Pada Anak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *