Kunci Penyembuhan Penyakit Tuberkulosis Adalah Patuh Minum Obat

header niko 728 x 90

batuk TB

InspirasiBersama.com – Tahukah kita bahwa penyakit tuberkulosis (TB) merupakan penyakit menular yang beresiko tinggi terhadap kematian. Bahkan menurut data Kemenkes ada sekitar 67.000 penderita tuberkulosis yang meninggal setiap tahunnya. Lantas bagaimana cara menyembuhkannya ? jawabnya adalah kunci penyembuhan penyakit tuberkulosis adalah patuh minum obat.

Kebanyakan orang menganggap penyakit tuberkulosis tidak dapat disembuhkan. Hal ini dikarenakan proses penyembuhannya yang memakan waktu sampai enam bulan. Untuk itu menurut HM Subuh yang merupakan Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2T) mengatakan sebenarnya tuberkulosis bisa disembuhkan, namun membutuhkan waktu sekitar enam bulan. Selama itu pasien harus minum obat tuberkulosis secara terus-menerus. Untuk itu dihimbau kepada para penderita tuberkulosis untuk bersabar.

Baca Juga  Bahaya Jika Kita Tidak Makan Sama Sekali Karena Alasan Diet

Banyak diantara penderita tuberkulosis yang tidak mematuhi minum obat selama enam bulan. Prosentasenya sekitar 10 persen. berdasarkan data Kementerian Kesehatan ada sekitar 300.000 pasien yang setiap tahunnya menjalani pengobatan penyakit tuberkulosis (TB)

Menurut pasien tuberkulosis (TB) yang berhenti minum obat sebelum enam bulan mengaku merasa bosan, ada juga yang merasa sudah sembuh sehingga tidak lagi minum obat yang dianjurkan dokter. Para dokter menghimbau bagi para penderita tuberkulosis untuk patuh minum obat selama enam bulan untuk benar-benar bebas dari kuman TB.

Apa yang terjadi jika pasien tidak mau minum obat sampai enam bulan ? dampaknya bukan hanya merugikan bagi pasien sendiri, tetapi resiko penularan juga akan sangat tinggi. Orang-orang yang tinggal bersama pasien akan beresiko tinggi tertular jika tidak minum obat selama enam bulan. Akan ada banyak orang yang dirugikan.

Baca Juga  Ciri-ciri Kepribadian Tipe A Adalah Mudah Marah

Bagi anda yang termasuk orang yang positif tuberkulosis dan tidak patuh minum obat selama enam bulan, maka akan menimbulkan resisten atau yang dikenal dengan istilah multi-drug resistent (MDR)-TB. Hal ini akan membuat kuman TB akan sulit untuk disembuhkan karena membutuhkan waktu yang lebih lama. Bukan hanya waktu saja yang akan lama, namun segi biaya juga akan meningkat.

Perbandingan biaya pengobatan TB reguler atau yang mau minum obat selama enam bulan hanya sekitar 1,2 juta saja selama enam bulan. Namun jika anda malas minum obat, maka akan menyebabkan MDR-TB atau resisten TB yang biayanya bisa berkisar 100 juta. Selain itu tingkat penyembuhannya juga relatif rendah dibandingkan dengan TB regular yang patuh minum obat.

Baca Juga  Penderita Diabetes Sangat disarankan Untuk Melakukan Pemeriksaan Mata Secara Rutin

Sumber : Kompas.com

Artikel Terkait : Cara Mencegah Penularan Tuberkolusis (TB) Dengan Memakai Masker

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *