Kulit Yang Bersisik Juga Bisa disebabkan Karena Adanya Psoriasis

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Bagi sebagian besar orang mungkin belum banyak yang mengenal tentang penyakit psoriasis. Penyakit ini lebih lebih banyak dibahas setelah salah seorang artis dunia yang bernama Kim Krdashian mengalaminya. Ternyata mengalami psoriasis dampaknya bisa menyebabkan kulit menjadi bersisik.

 

Psoriasis merupakan jenis penyakit yang menyerang kulit yang sampai saat ini belum diketahui secara pasti apa yang menyebabkannya. Namun penyakit ini erat kaitannya dengan faktor autoimun tubuh manusia.

psoriasis

sumber gambar : wikimedia.org

Seseorang yang mengalami penyakit psoriasis akan mengalami sebuah pembelahan dan pematangan pada sebuah sel pada kulit yang terjadi lebih cepat dibandingkan dengan sel kulit secara normal.

 

Secara umum penyakit psoriasis dapat dikenali dengan munculnya tanda merah dan bersisik pada kulit. Sebenarnya kalau kita berbicara tentang psoriasis, ada banyak jenisnya tergantung bentuk dan luasnya. Ada jenis psoriasi vulgaris yang ditandai dengan munculnya plak, selanjutnya ada psoriasis gutata yang bentuknya seperti tetesan, psoriasi inversa yang sering kali dijumpai pada bagian lipatan kulit, ada lagi psoriasis yang berbentuk jerawat yang disebut dengan pustulosa, dan yang terakhir adalah jenis psoriasis eritoderma yang bisa dikenali karena warnanya kemerahan dan muncul sisik yang terjadi pada seluruh badan.

Baca Juga  Arti Kedutan Mata Bagi Kesehatan

Baca Juga : Khasiat Cuka Sari Apel Bagi Kesehatan Kulit

 

Tahukah kita bahwa penyakit psoriasis ini bersifat menahun yang artinya adalah penyakit ini akan bisa kambuh sepanjang usia. Sampai saat ini para pakar kesehatan belum mengetahui secara posti penyebab psoriasis ini muncul kembali.

 

Sebagai warga Indonesia patut bersyukur karena angka prevalensinya terbilang kecil yaitu ada 71 kasus yang terjadi pada tahun 2015. Namun kalau data kesehatan dunia mencatat ada sekitar 125 juta kasus.

Baca Juga  Tips Aman Bercinta Saat Hamil

 

Penyakit kulit psoriasis ini lebih banyak terjadi pada orang dengan rentan usia 15 sampai 30 tahun. Bagi mereka yang kurang dari 10 tahun angkanya sangat kecil yaitu sekitar 10 persen saja.

 

Yang perlu kita ketahui adalah penyakit psoriasis merupakan penyakit kulit yang tidak menular. Meskipun demikian kebanyakan pasien yang menderita psoriasis akan merasa malu karena muncul pada bagian kulit yang bisa dilihat oleh orang lain.

Baca Juga  Hidung Sering Mimisan, Apakah Tanda Ada Penyakit Yang Berbahaya ?

 

Mereka yang menderita psoriasis biasanya akan mengalami gangguan segi sosial ekonomi. Mereka sering merasa minder, depresi dan kehilangan pekerjaan mereka. Oleh karena itu sangat penting sebuah dukungan bagi penderita psoriasis.

Sumber : Kompas

Artikel Terkait : Cara Mengatasi Kulit Yang Kering dan Gatal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *