Kualitas Tidur Anda Akan Rusak Jika Melakukan 5 Hal Berikut Ini

header niko 728 x 90

penyebab tidur tidak berkualitas

InspirasiBersama.com – Bingung mencari penyebab sulit mengawali tidur ?. Atau sering bangun tidur merasa masih ngantuk dan badan capek semua ?. Mungkin anda harus introspeksi diri tentang kebiasaan yang anda lakukan sebelum tidur maupun pada malam hari. Bisa jadi anda masih melakukan kebiasaan ini. Berikut lima hal yang bisa merusak kualitas tidur anda :
1. Nonton TV
Kebiasaan menonton televisi sebelum tidur dapat mengganggu kualitas tidur seseorang. Hal ini sering terjadi bagi kebanyakan orang. Saat anda sudah mempersiapkan diri di kamar, ternyata ada acara televisi yang membuat anda tertarik. Hasilnya tidur anda mengalami penundaan yang secara otomatis mengurangi kuantitas waktu tidur sehingga bangun dalam keadaan masih ngantuk dan capek-capek.
Para ahli kesehatan menyarankan, untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik maka usahakan 20 menit sebelum kita tidur menghindarkan segala bentuk barang elektronik mulai dari televisi, komputer dan ponsel.

Baca Juga  Cara Baru Menyembuhkan Batu Ginjal Tanpa Operasi

2. Olahraga terlalu malam
Apakah anda termasuk orang yang sering melakukan olahraga setelah pulang kantor ?. Secara kesehatan olahraga bisa membantu kita dapat tidur dengan nyenyak. Namun yang sering terlupakan bagi kebanyakan orang adalah saat kita melakukan olahraga mendekati waktu tidur, maka secara otomatis kita akan menjadi lebih bersemangat dan tidak merasa ngantuk. Padahal kalau kita melihat jam, waktu sudah menunjukkan waktunya untuk tidur.
3. Banyak pikiran
Bagi anda yang suka memikirkan pekerjaan atau hal lain saat menjelang tidur, maka anda akan sulit untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik. Ini artinya anda sedang mengalami stres yang mempunyai dampak negatif bagi kesehatan.

Baca Juga  Benarkah Semut Jepang Bagus Untuk Penderita Diabetes ?

Untuk menghindari hal ini cobalah untuk menenangkan diri, belajar bersyukur dan ikhlas. Dengan kita sering melakukan hal itu maka kita akn terbebas dari rasa cemas atau stres saat menjelang tidur.
4. Makan berat
Apakah anda sering makan dalam jumlah yang besar pada malam hari menjelang tidur ?. Jika anda sering melakukannya maka segeralah untuk menghentikannya. Makan dalam jumlah yang besar terlebih saat menjelang tidur akan membuat tidur kita tidak berkualitas. Kita akan merasa tidak nyaman karena perut terlalu kenyang. Disamping itu makan dalam jumlah besar meningkatkan resiko penyakit diabetes dan obesitas. Lakukan makan yang cukup jangan terlalu banyak. Selain itu waktu makan malam juga harus anda perhatikan jangan sampai makan malam melebihi jam 19.00

Baca Juga  Begini Tips Aman Melihat Gerhana Matahari Total

5. Minum alkohol
Kebiasaan minum alkhohol membuat kualitas tidur kita menjadi rusak. Memang benar saat seseorang mengkonsumsi alkhohol akan merangsang untuk ngantuk, namun tidurnya orang mabuk bukan termasuk tidur yang berkualitas dari segi kesehatan. Jika anda menginginkan tidur yang berkualitas maka segera tinggalkan kebiasaan minum alkhohol. Anda bisa mengganti dengan minum teh herbal hangat yang berkhasiat untuk meningkatkan kualitas tidur.

 

Artikel Terkait : Pengen Tahu Kebiasaan Orang Sehat Sebelum Tidur ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *