Konsumsi Makanan Yang Berfermentasi Dapat Mengatasi Masalah Pencernaan

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Kesehatan pencernaan memang sangat penting. Karena dengan pencernaan yang sehat maka dapat membuat tubuh terasa lebih sehat serta aktivitaspun jadi lebih nyaman.

Banyak faktor yang dapat membuat pencernaan kita mengalami masalah, salah satunya ialah karena kurangnya minum air putih, makan yang tidak teratur, serta kurangnya mengkonsumsi makanan yang berserat.

sumber gambar : kompas.com

Salah satu contoh penyakit pencernaan yang banyak di derita masyarakat yaitu sakit maag.

Konsumsi beberapa makanan berikut ini agar anda terhindar dari masalah pencernaan:

Makanan fermentasi

Mengkonsumsi makanan atau minuman yang sudah di fermentasi sangat baik untuk pencernaan. Hal ini karena proses fermentasi pada makanan atau minuman dapat menjadi sumber alami probiotik yang bagus karena dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan juga dapat meningkatkan ketahanan tubuh terhadap infeksi.

Baca Juga  Manfaat Mengunyah Permen Karet Saat Bekerja

Contoh makanan dan minuman fermentasi adalah tempe, oncom, tape, yogurt dll.

Bakteri baik

Tahukah anda, jika di dalam usus kita selain ada bakteri yang merugikan ternyata juga ada bakteri yang menguntungkan. Dan bakteri yang menguntungkan tersebut agar dia bisa tetap hidup maka dia juga membutuhkan makanan.

Makanan yang dibutuhkan oleh bakteri menguntungkan yakni makanan-makanan yang banyak mengandung serat inulin. Makanan yang mengandung serat inulin yaitu seperti sawi putih, daun bawang dan asfaragus.

Baca Juga  Solusi Meningkatkan Berat Badan Bagi Yang Berbadan Kurus

Fungsi serat inulin yaitu untuk merangsang pertumbuhan bakteri baik dan dapat membuat massa fases akan lebih mudah dikeluarkan.

Baca Juga : Pentingnya Menjaga Kesehatan Usus Besar

Serat

Pada dasarnya semua jenis serat sangat bagus untuk menjaga usus agar tetap sehat serta massa fases dapat lebih mudah untuk di keluarkan. Sayur, buah, kacang-kacangan dan biji-bijian merupakan salah satu makanan yang mengandung serat yang baik untuk pencernaan.

Namun, jika anda merupakan penderita perut kembung maka ada beberapa jenis sayuran yang harus anda hindari seperti kubis, kol dan kecambah brussel. Hal ini karena sayuran tersebut mengandung gas, yang tidak baik jika di konsumsi oleh penderita perut kembung.

Baca Juga  Dibalik Rasanya Yang Asam, Jeruk Nipis Menyimpan Manfaat Bagi Kesehatan

Artikel Terkait : Berat Badan Juga dipengaruhi Oleh Bakteri Pada Usus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *