Konsumsi Kafein Secara Berlebihan, Bisa Merusak Kesehatan

header niko 728 x 90

bahaya minum kopi secara berlebihan 2

Banyak dari para pecinta kafein yang tak sadar bahwa kebiasaannya yang berlebihan terhadap kafein bisa menimbulkan masalah dalam kesehatan mereka. Mereka umumnya menganggap kebiasaannya masih dalam batas yang wajar. Padahal jika kafein ini dikonsumsi secara berlebihan apalagi setiap hari maka akan bisa menimbulkan masalah kesehatan.

Masalah kesehatan yang ditimbulkan akibat kebanyakan minum kopi adalah penyakit jantung, insomnia, dan mudah panik atau gugup. Hal ini akan terjadi apabila kita mengkonsumsi kafein lebih dari lima gelas sehari.

Banyak diantara kita yang beranggapan minuman yang mengandung kafein hanya terdapat pada kopi saja. Padahal ini salah ada banyak jenis minuman yang mengandung kafein diantaranya adalah teh, minuman bersoda, minuman berenergi, dan cokelat yang mengandung kafein. Artinya kalau kita sehari hanya konsumsi 2 gelas kopi, kemudian nanti siang minum teh, nanti sorenya makan cokelat berkafein dan malamnya minum minuman yang bersoda maka akan banyak sekali makanan yang mengandung kafein yang masuk ke dalam tubuh kita dalam sehari.

Baca Juga  Benarkah Cukup Dengan Rutin Bercinta Bisa Membuat Kulit Kita Berseri ?

Biasanya dalam segelas kopi akan mengandung sekitar 90 mg kafein, minuman berenergi sebanyak 80 mg, satu cangkir teh sebanyak 50 mg, batang cokelat mengandung 25 mg kafein. Dalam sehari mengkonsumi 2 gelas kopi dianggap masih dalam jumlah yang wajar.

Jumlah asupan normal yang dibolehkan masuk ke dalam tubuh kita dalam sehari adalah sebanyak 400 mg bagi anda yang memiliki berat badan 68 kg, atau 6 mg per kg berat badan dalam sehari.

Baca Juga  Mengapa Sulit Sekali Menghindar Dari Keinginan Untuk Memencet Jerawat ?

Bagi anda yang mempunyai kebiasaan minum kafein sangat disarankan untuk banyak mengkonsumsi air putih. Hal ini dikarenakan kandungan kafein adalah deuritik sehingga saat kita minum kafein maka dorongan akan melakukan BAK sangat besar. Untuk mengatasi banyaknya cairan yang keluar, maka banyak konsumsi air adalah solusi yang tepat untuk menghindari dehidrasi.

Baca Juga  Mengapa Saat Haid Terasa Nyeri Walau Hanya Sekedar Duduk ?

 
Artikel Terkait : Cara Mengatasi Kecanduan Kopi Yang Berlebihan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *