Kolesterol Yang Tinggi Bukan Hanya Disebabkan Karena Faktor Makanan Saja

header niko 728 x 90

waspada kolesterol

InspirasiBersama.com – Kebanyakan dari kita mempunyai anggapan bahwa kolesterol yang tinggi disebabkan karena faktor makanan saja. Padahal meningkatnya kadar kolesterol bukan hanya disebabkan karena pola makan saja, ada beberapa faktor yang bisa mempengaruhi meningkatnya kolesterol dalam tubuh.

 
Perlu diketahui bahwa meningkatnya kadar kolesterol akan baru terlihat kalau kita melakukan cek darah. Artinya meskipun kolesterol kita tinggi, tidak akan memunculkan gejala yang berarti yang membuat kita merasakan adanya gangguan.

 
Apa sih sebenarnya kolesterol itu ? Kolesterol merupakan bagian dari lemak yang diproduksi oleh liver. Ada banyak jenis makanan juga yang terdapat kandungan kolesterol seperti susu yang mengandung lemak, telur dan aneka olahan daging.

 
Apakah sebenarnya tubuh kita memerlukan kolesterol ? Sebenarnya tubuh kita juga memerlukan kolesterol untuk membantu fungsi tubuh. Namun kolesterol terdapat dua jenis yaitu kolesterol jahat (LDL) dan kolesterol baik (HDL). Yang dibutuhkan oleh tubuh kita adalah jenis kolesterol yang baik (HDL). Sedangkan kolesterol yang jahat akan menimbulkan masalah jika kita konsumsi seperti menimbulkan gangguan pada fungsi jantung.

Baca Juga  Banyaknya Tumpukan Lemak di Perut Membuat Otak Kita Cepat Tua

 
Beberapa faktor yang menyebabkan meningkatnya kolesterol selain berasal dari makanan, diantaranya :

Faktor yang tidak bisa dikendalikan
– Genetik.
Bagi anda yang mempunyai riwayat orang tua atau keluarga yang mempunyai kadar kolesterol yang tinggi, maka besar kemungkinan anda juga memiliki kadar kolesterol yang tinggi. Kondisi ini dalam dunia medis disebut dengan hypercholesterolaemia.

– Jenis kelamin.

Secara alamiah, saat seseorang menginjak menopause maka kolesterol jenis LDL akan beresiko meningkat. Kondisi ini terlebih terjadi pada seorang wanita. Untuk itu seorang wanita yang menginjak usia menopause untuk berhati-hati menjaga pola makan karena resiko tinggi mengalami peningkatan kolesterol jahat yang bisa membuat jantung kita bermasalah.

– Usia
Faktor usia juga bisa memicu peningkatan kadar kolesterol. Bagi seorang pria, baiasanya peningkatan kolesterol akan rentan terjadi setelah usia 45 tahun. Sedangkan bagi seorang wanita terjadi saat usia mulai 55 tahun.

Baca Juga  Manfaat Rutin Mengkonsumsi Jus Kubis Campur Lemon Bisa Membantu Menurunkan Berat Badan

– Etnis
Banyak orang yang belum tahu kalau ada beberapa etnis yang memiliki kecenderungan peningkatan kadar kolesterol. Etnis tersebut terjadi pada orang Asia tepatnya bagi warga keturunan India, Pkistan dan Sri Langka.

Faktor yang bisa dikendalikan
– Pola makan
Jika anda tidak ingin mempunyai kadar kolesterol yang tinggi, maka kita harus merubah pola makan yang lebih sehat. Kita harus banyak konsumsi jenis buah, sayuran, kacang-kacangan, dan beberapa jenis ikan. Dengan menerapkan pola makan yang sehat, maka resiko meningkatnya kolesterol bisa kita tekan.

– Berat badan
Tahukah kita bahwa berat badan yang berlebiha atau obesitas meningkatkan resiko kolesterol jahat yang tinggi.

– Olahraga
Dengan rutin melakukan olahraga, maka bisa menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh kita. Selain itu dengan banyak aktivitas fisik juga terbukti mampu menstabilkan kadar kolesterol yang baik.

Baca Juga  Inilah Manfaat Rutin Melakukan Cek Tekanan Darah Bagi Kesehatan

– Rokok
Tidak dapat dipungkiri bahwa kebiasaan buruk merokok juga berperan meningkatkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh seseorang. Hal ini dikarenakan banyaknya bahan kimia yang terkandung dalam rokok.

– Penyakit tertentu
Ada beberapa penyakit yang bisa mempengaruhi meningkatnya kadar kolesterol seseorang, misalnya sakit ginjal, liver dan gangguan pada tiroid.

Itulah beberapa penyebab meningkatnya kadar kolesterol dalam tubuh selain faktor makanan yang kita konsumsi.

Artikel Terkait : Makanan Apa Saja Yang Bagus Menurunkan Kadar Kolesterol

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *