Kolesterol Baik Dalam Tubuh Bisa Rusak Karena Paparan Polusi Kendaraan

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Tahukah kita bahwa berdasarkan sebuah data menyebutkan bahwa orang yang bertempat tinggal di lingkungan yang banyak paparan polusi kendaraan cenderung memiliki jumlah kolesterol baik yang relatif lebih rendah.

Padahal kolesterol baik dalam tubuh manusia sangat erat kaitannya dengan kesehatan jantung. Menurut para pakar mengatakan bahwa, paparan asap kendaraan bermotor bisa berpengaruh pada rusaknya kolesterol baik dalam tubuh manusia yang berujung pada meningkatnya resiko penyakit jantung.

Fungsi dari kolesterol baik atau HDL akan berfungsi membuang banyak lemak jahat dalam tubuh yang bisa membahayakan kesehatan jantung atau menyumbat pembuluh darah jantung.

Baca Juga  Waspada Akan Tanda-tanda Demensia

Dalam sebuah hasil studi yang dilakukan oleh ilmuwan yang berasal dari Amerika menyebutkan bahwa orang yang bertempat tinggal di lingkungan yang banyak paparan polusi kendaraan akan cenderung memiliki kadar HDL atau kolesterol baik yang lebih rendah.

Baca Juga : Kolesterol Yang Tinggi Juga Berdampak Buruk Bagi Kesehatan Otak

Dalam studi yang dilakukan oleh para ahli yang berasal dari Seattle University of Washington School of Public Health melakukan sebuah pengukuran kadar HDL terhadap 6.654 responden yang terdiri dari pria dan wanita dengan usia 40 tahun.

Dalam hasil studi tersebut diketahui bahwa dampak paparan gas buang yang berasal dari mesin diesel yang sering kali disebut dengan karbon-hitam selama kurang lebih setahun terbukti mampu menurunkan kadar kolesterol baik atau HDL dalam tubuh manusia. Bahkan penurunan jumlah ini terbilang signifikan.

Baca Juga  Benarkah Menggigit Pencil Bisa Meredakan Sakit Kepala ?

Hasil dari studi ini juga sudah dipublikasikan dalam sebuah jurnal yang bernama American Heart Association Arteriosclerosis, Thrombosis and Vascular Bilogy. Bila seseorang mengalami penurunan kadar HDL dalam jumlah yang cukup tinggi, maka meningkatkan resiko munculnya penyakit jantung. Kondisi ini berlaku baik pada pria maupun wanita.

Namun kondisi ini lebih buruk efeknya jika terjadi pada wanita. Jika paparan polusi kendaraan ini lebih banyak dan lama terjadi pada wanita, maka efeknya akan lebih parah terhadap penurunan jumlah HDL dalam tubuh.

Baca Juga  Pasangan Yang Bahagia Dalam Pernikahan Akan Membuat Panjang Umur

Artikel Terkait : Bahaya Paparan Polusi Bagi Ibu Hamil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *