Kok Bisa Tes Kehamilan Positif Namun Tidak Ada Kehamilan ?

header niko 728 x 90

tes kehamilan tidak akurat

InspirasiBersama.com – Ada sebagian wanita pasti pernah mengalami sudah tes kehamilan hasilnya positif, namun tidak ada kehamilan. Jika anda pernah mengalami hal ini, maka pastinya anda sangat kesal sekali bukan. Ada kemungkinan hasil tes kehamilan anda salah.

Seorang wanita biasanya sering menggunakan test pack atau tes kehamilan mandiri yang bisa kita beli di apotek terdekat. Bahkan penyedia tes kehamilan mengklaim test pack mempunyai akurasi yang cukup tinggi sekitar 97%. Cara kerja test pack adalah dengan menganalisa kandungan hormon human chorioric gonadotropin (HCG) yang terdapat pada urin wanita.

Kondisi saat tes kehamilan yang positif namun ternyata tidak ada kehamilan dinamakan palsu (false positive) yang terkadang terjadi pada beberapa wanita.
1. Chemical pregnancy (kehamilan kimia)

Menurut seorang dokter kebidanan dan kandungan yang bernama Lanalee Araba Sam, MD mengatakan mungkin saja ada wanita yang memang benar-benar hamil saat melakukan test pack. Namun ada sebagian wanita yang ternyata setelah beberapa hari tidak muncul kehamilan. Hal ini bisa disebabkan perdarahan berat yang terkadang sebagian besar wanita menganggap hal itu sebagai menstruasi.

Baca Juga  Cara Alami Mengatasi Nyeri Sendi Yang Muncul Pada Suhu Dingin

Jika hal ini yang terjadi maka wanita tersebut mengalami keguguran dini atau chemical pregnancy. Dalam kondisi ini banyak para wanita menganggap test pack yang dilakukan salah atau error yang menyebabkan hasil tidak akurat. Padahal bukan test packnya yang salah melainkan telah terjadi keguguran dini yang tidak disadari.

Oleh karena itu para ahli sangat menyarankan kepada anda yang melakukan test pack sendiri dan hasilnya positif untuk segera memeriksakannya ke dokter kandungan untuk mendapatkan kepastian dan tips menjaga kehamilan yang benar.

2. Keguguran sebelum tes

Perlu diketahui bahwa saat seorang wanita mengalami keguguran, maka sebelum anda mengalami menstruasi berikutnya maka kadar HCG anda akan berada pada level tinggi. Jika anda melakukan test pack sangat disarankan setelah janin mengalami luruh secara keseluruhan, jika hal ini anda lakukan maka kemungkinan besar hasilnya akan positif.

Baca Juga  Benarkah Rokok Mild Lebih Aman Bagi Kesehatan ?

3. Tes kehamilan keliru

Tes kehamilan yang tidak sesuai bisa terjadi karena test pack yang anda gunakan sudah kadaluwarsa. Untuk itu sangat disarankan bagi anda yang membeli test pack, memperhatikan tanggal kadaluwarsa test pack yang anda beli. Selain itu anda juga harus memperhatikan cara pemakaian dengan seksama agar hasilnya bisa akurat.
4. Terapi kesuburan
Apakah anda saat ini menjalani terapi kesuburan ?. Jika iya maka biasanya seorang dokter akan memberikan suntikan HCG yang sangat berguna dalam ovulasi. Jika anda dalam program ini, maka seorang dokter akan memberikan tips bagaimana cara melakukan test kehamilan agar hasilnya akurat.

Menurut dokter kebidanan dan kandungan yang berasal dari San Diego yang bernama Sean Daneshmand, MD mengatakan tes kehamilan yang tidak akurat bisa disebabkan oleh pengaruh obat tertentu misalnya methadone.

Baca Juga  Bisakah Tetap Langsing Meskipun Banyak Makan ?

Yang harus anda perhatikan saat anda melakukan tes kehamilan mandiri atau test pack di rumah, jika ternyata hasilnya adalah positif maka sangat besar kemungkinan anda hamil sebesar 97%. Namun untuk benar-benar memastikan maka sangat disarankan untuk memeriksakannya ke dokter kandungan untuk lebih jelasnya. Memang ada kemungkinan kecil anda negatif, namun itu hanya 3%.

Artikel Terkait : Apa Yang Harus Diwaspadai Saat Hamil ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *