Kisah Kepala Desa Bunder Yang Korupsi Dana Desa Sebesar Rp 137,9 juta

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Dana desa yang sangat besar membuat banyak kepala desa tergiur untuk melakukan korupsi. Salah satunya dilakukan oleh Kepala Desa Bunder, Kecamatan Patuk yang bernama Kabul Santosa. Namun akhirnya Kejari Gunungkidul, Yogyakarta menahan sang Kepala Desa.

sumber gambar : okezone.com

Penahanan Kepala Desa Bunder tersebut dilakukan pada tanggal 22/05/2017 dan dimasukkan Lapas II A Yogyakarta.

Baca Juga  Harapan Seorang Sri Wulansih Kepada Jupe

Dalam penyelidikan yang sudah dilakukan, diketahui bahwa modus yang dilakukan Kepala Desa adalah melakukan korupsi dana APBDes dengan cara memasukkan pendapatan asli desa ke dalam kas desa. Kemudian ia diketahui mengantongi uang tersebut untuk memperkaya diri sendiri.

Menurut sebuah laporan yang berasal dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) DIY menyatakan bahwa ada sekitar Rp 137,9 juta totak kerugian negara yang tercatat.

Baca Juga  Pentingnya Warna Sepatu dan Ikat Pinggang Sama Bagi Seorang Pria

Kisah ini menunjukkan betapa rawannya korupsi dana desa yang jumlahnya cukup besar. Menurut para pakar, beberapa kasus korupsi dana desa terdapat dua kemungkinan, yaitu sisi hukum dan penyimpangan administrasi. Kondisi ini bisa terjadi akibat BPD (Badan Permusyawaratan Desa) yang tidak berjalan dengan baik.

Sumber : Kompas

Artikel Terkait : Gaji Pas-pasan Apakah Bisa Berinvestasi di Reksa Dana ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *