Kiat Agar Anak Tidak Ketagihan Bermain Gadget

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Menghindari anak agar tidak ketagihan gadget bukan berarti melarang sama sekali untuk menggunakannya. Sebagai orang tua harus bisa membatasi anak dalam bermain gadget agar tidak sampai ketagihan.

Ada beberapa hal yang harus diketahui oleh orang tua untuk mengenali tanda anak yang ketagihan gadget. Seorang anak yang sudah mengalami ketagihan gadget, biasanya akan menyebabkan terganggunya jadwal makan, jadwal tidur, anak terlihat gelisah saat tidak memegang gadget, marah saat orang tua menyuruh mematikan gadget dan mudah rewel. Jika anak kita mengalami hal yang demikian, maka kita tidak boleh membiarkan hal ini berlangsung terus.

sumber gambar : http://bramardianto.com

Sikap yang harus dilakukan oleh orang tua saat mendapati anak mengalami beberapa hal tadi adalah melakukan diet gadget pada anak. Kita harus membatasi penggunaan gadget pada anak.

Baca Juga  Sering Mengalami Ketindihan Saat Tidur ? Ini Penjelasannya

Cara menerapkan diet gadget pada anak harus dilakukan secara perlahan. Jika anak biasanya bermain gadget sampai 7-8 jam sehari, maka kurangi secara bertahap misalnya menjadi 5-6 jam sehari. Anda bisa lakukan pembatasan ini sampai anak hanya mau menggunakan gadget selama 2 jam dalam sehari.

Para orang tua juga dihimbau untuk tidak memberikan gadget pada anak yang masih berusia kurang dari 2 tahun. Waktu yang dibolehkan bagi seorang anak yang berusia lebih dari 2 tahun untuk menggunakan gadget adalah 2 jam sehari. Hal ini dilakukan agar anak tidak merasa ketagihan gadget.

Baca Juga  Cara Mencegah Orang Yang Obesitas Terhadap Resiko Penyakit Ginjal

Bagaimana jika ternyata anak kita sangat sulit untuk dibatasi penggunaan gadget secara bertahap ?. Jika ternyata masih sulit, maka orang tua boleh menerapkan no gadget sama sekali bagi anak. Hal ini dilakukan jika anak sudah benar-benar ketagihan gadget.

Baca Juga : Dampak Negatif Gadget Bagi Anak-anak

Menurut psikolog anak hal ini dibolehkan. Mungkin selama beberapa minggu anak akan merasa marah dan ngamuk, tapi hal ini tidak menjadi masalah daripada anak kita menjadi adiksi berat terhadap gadget.

Baca Juga  Mengapa Kita Kok Suka Menggosipkan Orang Lain ?

Menyikapi anak yang marah karena kita larang bermain gadget, maka orang tua harus kreatif mengalihkan perhatian anak dengan mengajak bermain fisik yang menyenangkan. Anda bisa mengajak anak bermain bola, mobil-mobilan atau bermain rumah-rumahan.

Artikel Terkait : Tips Aman Menggunakan Gadget Agar Tidak Merusak Mata

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *