Ketahui Penyebab Jari Kaki Sering Kram

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Mungkin anda salah satu orang yang pernah mengalami terbangun saat tidur akibat nyeri pada bagian kaki. Kaki akan terasa nyeri, kaku dan bahkan sulit untuk digerakkan. Selain itu sering pula terjadi pada bagian jari kaki. Kondisi yang seperti ini kita kenal dengan sebutan kram.

sumber gambar : metrotvnews.com

Apa yang menyebabkan hal ini sering terjadi ? Menurut salah seorang pakar spesialis rehabilitasi muskuloskeletal yang bernama Charles Kim mengatakan bahwa kondisi kaki yang sering kram disebabkan karena otot yang bekerja secara berlebihan.

Baca Juga : Penyebab Kaki Sering Kram Saat Tidur

Secara umum kram akan berlangsung sebentar dan tidak berbahaya. Namun tak menutup kemungkinan hal ini juga berlangsung lama dan berulang. Jika anda merasakan hal ini, maka harus dicurigai adanya masalah medis yang lebih serius yang butuh pemeriksaan lebih lanjut. Kondisi ini erat kaitannya dengan fungsi saraf pusat dan sirkulasi.

Baca Juga  Cara Mengenali Gejala-gejala Ringan Dari Penyakit Jantung

Sebenarnya kram pada kaki bukan hanya disebabkan karena penggunaan otot yang berlebihan saja, kondisi dehidrasi, kurang asupan mineral seperti kalsium, magnesium dan potasium juga bisa menyebabkan sering kram.

Misalnya saat seseorang melakukan olahraga. Maka akan ada banyak keringat yang keluar yang artinya ada banyak mineral yang terbuang oleh tubuh. Kondisi ini bisa memicu terjadinya spasme atau kontraksi otot secara berlebihan yang menyebabkan kram.

Baca Juga  Dampak Buruk Suka Minum Kopi Instan Bagi Kesehatan

Selain itu jika anda suka menggunakan sepatu atau sandal yang terlalu sempit, maka akan menyebabkan aliran atau sirkulasi darah menjadi tidak lancar. Kondisi ini juga bisa memicu terjadinya kram pada kaki.

Bagi orang yang sudah usia lanjut juga rentan mengalami kram. Hal ini disebabkan karena tulang sudah banyak kehilangan nutrisi seperti kalsium yang membuat otot tidak bisa elastis lagi.

Baca Juga  Sulitnya Menghindari Camilan Pada Sore Hari

Bagi anda yang sering kali kram, maka sebenarnya hal ini bisa dicegah. Jika kram sering disebabkan karena penggunaan sepatu atau sandal yang sempit, maka ganti dengan sepatu yang  lebih nyaman.

Artikel Terkait : Cara Mengatas Kaki Yang Kram

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *