Ketahui Alasan Mengapa Minum Air Dingin Kurang Baik Bagi Kesehatan

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Mengkonsumsi air dingin atau es bagi penduduk yang tinggal di iklim tropis seperti Indonesia memang sangat enak. Hal ini disebabkan karena suhu yang cenderung panas sehingga membuat kita merasa gerah. Namun tahukah kita bahwa kebiasaan suka mengkonsumsi minuman dingin atau es kurang bagus bagi kesehatan, mengapa demikian ?

Mengkonsumsi minuman dingin atau es saat siang hari memang sangat menggoda. Kita akan merasakan rasa segar pada tubuh yang membuat pikiran kita juga ikut dingin atau nyaman. Namun menurut para pakar kesehatan, sensasi dingin atau segar yang kita rasakan ternyata mempunyai dampak yang kurang bagus bagi kesehatan.

sumber gambar : Sooperboy.com

Berikut beberapa alasan mengapa suka mengkonsumsi minuman dingin atau es kurang baik bagi kesehatan :

Baca Juga  Apa Yang Menyebabkan Sayur Cepat Layu Meskipun Sudah Masuk Kulkas ?

Menghambat proses pencernaan
Alasan pertama adalah karena bisa menghambat proses pencernaa. Hal ini bisa terjadi saat kita mengkonsumsi minuman dingin setelah makan. Saat itu akan terjadi pengecilan pembuluh darah yang berdampak terhambatnya proses pencernaan. Akibat dari proses pencernaan yang kurang lancar ini membuat proses penyerapan nutrisi dalam tubuh menjadi kurang maksimal.

Suhu dingin yang berasal dari minuman es akan mengganggu keseimbangan suhu dalam tubuh kita. Kondisi ini akan memicu tubuh berusaha keras untuk menjaga keseimbangan suhu dalam tubuh sehingga membutuhkan energi lebih banyak. Padahal saat kita mengkonsumsi minuman dingin atau es akan menyebabkan proses penyerapan nutrisi tubuh tidak maksimal.

Baca Juga  Ibu Hamil Bisa Beresiko Mengalami Kelainan Otot Jantung

Baca Juga : Mengapa Saya Sering Merasa Kedinginan ?

Membuat denyut jantung menurun
Alasan kedua mengapa mengkonsumsi minuman dingin kurang bagus bagi kesehatan adalah karena bisa merangsang penurunan denyut jantung dalam waktu yang singkat. Hal ini disebabkan kerana minuman dingin bisa merangsang saraf tubuh terutama saraf vagus untuk menurunkan denyut jantung secara signifikan.

Bisa memicu sakit tenggorokan
Alasan ketiga mengapa minuman dingin kurang bagus bagi kesehatan adalah karena bisa memicu sakit pada tenggorokan. Hal ini disebabkan karena minuman dingin bisa mendorong banyak tumpukan mukosa pada saluran pernapasan. Pada kondisi ini akan meningkatkan resiko batuk dan sakit tenggorokan.

Baca Juga  Benarkah Tes Kehamilan Harus Dilakukan Pada Pagi Hari ?

Artikel Terkait : Kelebihan Minum Hangat dibandingkan Dengan Minum Dingin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *