Ketahui Alasan Diabetes Lebih Sering Menyerang Orang Asia

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Tahukah kita bahwa hampir 60 persen penderita diabetes tersebar di Asia termasuk di Indonesia. Coba saja kita amati di negara kita sendiri. Angka penderita diabetes dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan.

penyebab-diabetes

sumber gambar : endocrineweb.com

Pertanyaannya adalah mengapa penyakit diabetes lebih sering melanda orang Asia dibandingkan dengan orang Eropa maupun Amerika ?. Dalam sebuah data menyebutkan kalau orang Asia memang lebih rentan terkena diabetes dibandingkan dengan orang Eropa meskipun banyak orang Asia yang mempunyai indeks massa tubuh yang lebih rendah atau tidak gemuk. Kondisi ini berbalik pada negara maju di Eropa yang kebanyakan penderita diabetes hanya diderita oleh mereka yang obesitas.

Baca Juga  Kabar Gembira, Radiasi Ponsel Tidak Menyebabkan Kanker Otak

Ternyata jawabannya sudah bisa diungkap dalam sebuah studi yang menyebutkan kalau ternyata orang Asia khususnya Asia Selatan memiliki jumlah otot yang lebih sedikit dan cenderung mempunyai banyak lemak di daerah perut. Kondisi ini tentu menyebabkan insulin menjadi resisten yang berfungsi untuk menurunkan kadar gula darah.

Baca Juga : Makan Terlalu Cepat Bisa Memicu Diabetes

Dari hasil pemeriksaan dengan menggunakan teknologi imaging menyebutkan kalau mayoritas orang Asia ternyata lebih memiliki tumpukan lemak pada daerah perut meskipun tergolong kurus atau mempunyai indeks massa tubuh (IMT) yang rendah.

Baca Juga  Resiko Konsumsi Makanan Yang Banyak Mengandung Garam

Faktor kedua yang membuat banyak orang Asia mengalami diabetes adalah gaya hidup yang kurang sehat. Mereka jarang atau kurang bergerak sehingga menyebabkan banyak kalori yang tidak dapat di bakar yang kebanyakan berasal dari karbohidrat.

Untuk bisa mengurangi resiko diabetes, maka anda harus merubah gaya hidup dan pola makan. Perbanyak aktivitas fisik, menerapkan pola makan yang sehat dan menghindarkan konsumsi makanan yang banyak mengandung karbohidrat dan lemak.

Baca Juga  Cara Unik Menghentikan Nafsu Makan Berlebihan

Setelah itu sangat penting juga untuk melakukan rutin cek kadar gula darah. Yang tidak kalah pentingnya adalah menjaga lingkar perut tetap dalam batas normal. Jangan biarkan banyak tumpukan lemak di daerah perut.

Artikel Terkait : Orang Kurus Belum Tentu Terbebas Dari Diabetes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *