Kesehatan Mulut Juga Bisa dipengaruhi Oleh Pola Olahraga Yang Kita Lakukan

header niko 728 x 90

menjaga kesehatan mulut

InspirasiBersama.com – Kebanyakan dari kita akan beranggapan bahwa seseorang yang rajin berolahraga seperti para atlet akan mempunyai kesehatan yang lebih baik. Namun untuk perkara kesehatan mulut tidak demikian. Pola olahraga yang dilakukan turut menentukan kesehatan oral seseorang.

Tahukah kita bahwa, menurut para pakar mengatakan bahwa ada banyak para atlet yang notabenya rutin berolahraga namun mengalami masalah pada gigi dan mulut. Hal ini menunjukkan bahwa pola olahraga sangat menentukan kesehatan mulut seseorang.
Gigi Ekstra Sensitif

Seseorang yang suka melakukan olahraga di luar ruangan, maka akan ada banyak resiko gangguan udara, suhu dan polusi yang bisa berdampak buruk bagi kesehatan mulut. Hal ini tentu sangat tidak disarankan bagi mereka yang mempunyai tipe gigi yang sensitif yang sangat erat kaitannya dengan suhu ruangan.

Baca Juga  Tips Agar Mulut Tak Berbau Tak Sedap Saat Puasa

Jika anda memiliki tipe gigi yang cenderung sensitif dan ingin melakukan olahraga diluar ruangan, maka cobalah untuk memakai syal atau masker yang berfungsi menutupi mulut dan gigi kita dari berbagai polusi udara.
Gigi Berlubang atau Keropos

Tidak dapat dipungkiri bahwa seseorang atlet yang rutin melakukan olahraga sering kali mengkonsumsi minuman yang bersifat asam setelah melakukan olahraga. Ternyata sering melakukan hal ini akan membuat ada banyak penumpukan bakteri pada mulut dan gigi.

Baca Juga  Jenis Makanan Yang Sebenarnya Tidak Perlu disimpan Dalam Kulkas

Untuk mengantisipasi penumpukan bakteri pada mulut dan gigi yang bisa membuat gigi berlubang dan keropos, maka sebaiknya para atlet atau orang biasa mengkonsumsi air putih saja setelah melakukan olahraga. Jika ingin mengkonsumsi cairan elektrolit, maka jangan terlalu banyak. Lakukan minum cairan elektrolit secukupnya yang berlanjut dengan minum air putih yang banyak.
Mulut Kering

Saat kita melakukan olahraga, maka akan membuat produksi air liur menurun. Kondisi ini akan membuat banyak bakteri dalam mulut kita yang bisa berbahaya bagi kesehatan gigi. Saat jumlah air liur sedikit, maka kondisi mulut akan menjadi asam.

Baca Juga  Tips Mengenali Obat Yang Kadaluarsa

Untuk itu sangat penting untuk menjaga keseimbangan cairan saat olahraga dengan mengkonsumsi air yang cukup setelah berolahraga untuk mencegah dehidrasi yang membuat produksi air liur menjadi sedikit.

Artikel Terkait : Makanan Yang Bisa Memicu Bau Mulut

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *