Kesalahan Minum Obat Yang Banyak Dilakukan Oleh Orang Indonesia

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Kesalahan minum obat yang banyak dilakukan oleh orang Indonesia. Saat kita sedang sakit dan melakukan pemeriksaan ke dokter, maka kita akan diberikan obat yang harus kita minum sesuai jadwal. Namun pada kanyataannya banyak dari masyarakat kita yang kurang bijak dalam hal minum obat. Apa saja kesalahan tersebut ?

sumber gambar : http://www.hidupsehat.tips

Menurut para pakar kesehatan di Indonesia pola kebiasaan minum obat yang salah dan banyak dilakukan masyarakat adalah minum obat dalam jedah waktu yang terlalu dekat. Dalam minum obat pasti seorang dokter akan memberikana aturan minum, misalnya saja diminum 3 kali dalam sehari. Kebanyakan dari kita menanggap jam minum obat tersebut dalah pagi, siang dan malam hari. Padahal yang benar adalah obat diminum delapan jam sekali.

Baca Juga  Begini Cara Mengkonsumsi Minuman Jahe Yang Sehat

Dengan anggapan yang salah tersebut membuat banyak orang minum obat dalam jedah waktu yang cukup dekat. Hal ini dikhawatirkan akan membuat dosis obat yang kita konsumsi menjadi berlebihan yang berdampak kurang baik bagi kesehatan terutama organ ginjal. Jadi untuk mengurangi efek samping yang tidak diharapkan sebaiknya kita minum obat delapan jam sehari jika dokter memberikan aturan minum tiga kali dalam sehari (3×1).

Baca Juga  Manfaat Minum Air Putih Saat Perut Kosong Bisa Mencegah Penyakit

Kondisi ini juga berlaku jika obat yang diberikan dokter ternyata tertulis dua kali satu (2×1) yang artinya harus kita minum 12 jam sekali dan bukan pagi dan sore hari. Semoga dengan lebih memahami cara minum obat yang benar kita bisa lebih cepat sembuh dari penyakit yang sedang diderita. Semoga bermanfaat.

Baca Juga  Bahaya Sering Makan Mie Instan, Anda Harus Jeli Sebelum Membeli

Artikel Terkait : Bagaimana Pola Minum Yang Baik Menurut Kesehatan ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *