Keputihan Bukan Satu-satunya Masalah Pada Vagina Wanita

header niko 728 x 90

gangguan pada vagina

InspirasiBersama.com – Banyak orang yang mengatakan masalah pada vagina wanita hanyalah keputihan. Padahal kalau kita membedah secara luas, banyak sekali masalah yang bisa terjadi pada vagina. Letaknya yang tertutup dan lembab, membuat vagina wanita mudah atau sensiitif terhadap bakteri maupun virus.

Berikut beberapa masalah yang terjadi pada vagina selain keputihan :

– Vaginismus
Penyekita pertama adalah vaginismus. Vaginismus adalah sebuah masalah yang terjadi pada vagina dimana terasa nyeri yang hebat saat ada benda asing masuk. Misalnya saat berhubunagn intim, maka saat ada penetrasi dari penis akan meresa sangat nyeri. Ini adalah merupakan masalah pada vagina yang terbilang serius karena bisa mengganggu keharmonisan hubungan intim anda. Jika anda mengalami hal ini, maka sangat disarankan utnuk memeriksakannya de dokter untuk mendapatkan terapi.

Baca Juga  Cara Menghilangkan Kesedihan Dengan Cara Minum Kopi

– Vulvodynia
Merupakan kondisi dimana terasa nyeri yang bersifat kronis yang terjadi pada area sekitar vulva. Untuk masalah penyebab masih belum diketahui. Banyak para ahli medis yang mengaitkannya dengan hormonal, adanya peradangan atau gangguan saraf pada area vulva.
Yang terjadi saat kita menderita vulvodynia adalah akan terasa nyeri seperti ditusuk yang bersifat hilang timbul dan membuat rasa gatal.

Yang menjadi penyebabnya adalah karena aktivitas olahraga, hubunagn seks, dan menggunakan pakaian yang ketat. Jika anda mengalami hal demikian segeralah pergi ke dokter untuk mengkonsultasikan keluhan anda.

– Trichomoniasis
Untuk jenis penyakit ini termausk menular. Trichomoniasis disebabkan oleh adanya bakteri yang bernama trichomonas vaginalis. Tandanya adalah terdapat busa pada vagina, cairan berwarna kuning dan terdapat iritasi pada vagina.

Baca Juga  Mengapa Wanita Lebih Mudah Cemas ?

Lakukan pemeriksaan dengan datang ke dokter untuk mendapatkan antibiotik. Dengan demikian anda bisa terbebas dari penyakit trichomoniasis yang mengganggu.

– Bacterial vaginosis (BV)
Jenis penyakit ini yang terjadi adalah adanya pertumbuhan bakteri pada vagina, sehingga mengganggu komposisi bakteri normal pada vagina kita. Penyakit ini disebabkan oleh sering melakukan seks dengan banyak pasangan. Gejalanya adalah terdapat cairan berwarna abu-abu dan berbau amis.

Jika anda mengalami penyakit ini, maka segera lakukan pemeriksaan ke dokter terdekat untuk mendapatkan penanganan. Jika anda biarkan maka akan bisa membuat anda menjadi rentan untuk terjadi infeksi, salah satunya HIV. Pada kondisi wanita hamil, ini bisa memicu terjadinya bayi lahir dalam kondisi prematur.
– Vulva Varises
Artinya adanya varises yang terjadi pada vulva atau bagian dalam labia dan sekitarnya. Tandanya adalah adanya rasa tidak nyaman pada vagina seperti ada tekanan dan tonjolan yang berwarna kebiru-biruan. Kondisi ini sering terjadi pada wanita hamil.

Baca Juga  Mengapa Tidak disarankan Langsung Mandi Setelah Berhubungan Seksual ?

 

Artikel Terkait : Cara Mengencangkan Vagina Yang Kendor Tanpa Operasi 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *