Kenali Tanda Tidur Yang Kurang Berkualitas

header niko 728 x 90

tidur kurang berkualitas

InspirasiBersama.com – Pentingnya tidur dari segi kesehatan mendorong kita untuk memperhatikan kualitas tidur. Banyak diantara kita yang ternyata melakukan tidur yang kurang berkualitas yang menyebabkan setelah bagun tidur kita masih merasa lelah, capek dan tentu saja ngantuk.

Secara teori memang sesat saat kita bangun tidur tidak akan langsung merasakan badan yang segar. Namun apabila setelah satu jam kita bangun dari tidur kok ternyata masih merasa bandan lelah, capek dan ngantuk itu menjadi tanda kalau tidur kita tidak berkualitas.

Berikut beberapa tanda yang harus kita kenali kalau tidur kita kurang berkualitas :

1. Terus mengantuk
Tanda pertama kalau tidur kita kurang berkualitas adalah kita akan merasakan ngantuk yang berlangsung terus-menerus. Mereka akan sering melakukan menguap sepanjang hari mulai dari pagi sampai sore hari.

Apabila kita sering mengalami hal yang demikian, maka kita curiga kalau tidur kita tidak berkualitas sepanjang malam. Ada banyak faktor yang menyebabkan kita tidur kurang berkualitas mulai dari insomnia, sleep apnea, bermain gadget sebelum tidur dan begadang.

Baca Juga  Makanan Yang Kaya Akan Kalsium

2. Daya ingat menurun
Tanda kedua seseorang yang tidur kurang berkualitas adalah adanya penurunan daya ingat. Tidur memang memberikan manfaat yang lebih bagi kesehatan otak kita untuk berfungsi dengan baik. Saat kita kurang tidur, maka suplai oksigen ke otak akan menurun yang membuat kemampuan memori otak terutama jangka pendek menurun.

3. Gampang marah
Berdasarkan sebuah hasil studi menyebutkan bahwa mereka yang kurang berkualitas dalam tidur akan menyebabkan gampang emosi. Ini menunjukkan betapa erat kaitan antara tidur dengan depresi. Jika anda ingin mempunyai mood yang baik, maka lakukan tidur dengan berkualitas.

4. Mudah lapar
Tanda keempat kalau orang tidur kurang berkualitas adalah mudah lapar. Seseorang yang kurang tidur akan cenderung banyak makan dan ngemil. Bahkan dalam sebuah hasil studi menyebutkan mereka akan cenderung memilih jenis makanan yang tinggi kalori, tinggi gula dan berlemak. Ini menjadi keputusan yang buruk yang disebabkan karena kurang tidur.

Baca Juga  Sering Merasa Jemari Terasa Dingin ? Mungkin Suatu Penyakit

5. Malas melakukan aktivitas fisik
Seseorang yang kurang tidur akan berdampak pada buruknya mood kita saat bangun yang membuat kita malas untuk beraktivitas fisik. Mungkin kita sering merasa malas saat bekerja pada pagi hari, sangat mungkin penyebabnya karena kita kurang tidur.

Baca Juga : Benarkah Saat Kita Lelah Akan Sulit Untuk Mengawali Tidur

6. Libido rendah
Tanda tidur kurang berkualitas selanjutnya adalah menurunnya gairah seksual atau libido. Bukan hanya itu saja, mereka yang kurang tidur akan menyebabkan ketidakseimbangnya hormon yang berkaitan dengan kepuasan dan fungsi seksual.

Baca Juga  Obat Batuk Yang Aman dan Alami Untuk Ibu Menyusui

7. Timbangan bertambah
Berhubungan dengan meningkatnya keinginan untuk makan dan ngemil bagi mereka yang kurang tidur, maka otomatis akan membuat resiko meningkatnya berat badan. Namun meskipun anda tidak banyak makan, berdasarkan sebuah hasil studi menyebutkan bahwa mereka yang tidur kurang berkualitas akan membuat lingkar pinggang kita lebih lebar. Hal ini disebabkan kerana ketidakseimbangnya hormon yang berfungsi untuk pertumbuhan dan lemak visceral dalam tubuh.

Artikel Terkait : Makanan Yang Bisa Meningkatkan Kualitas Tidur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *