Kenali Tanda-tanda Orang Yang Mengalami Gangguan Kecemasan

header niko 728 x 90

gangguan kecemasan

InspirasiBersama.com – Pada jaman modern sekarang ini banyak sekali kita melihat seseorang yang mengalami kecemasan. Banyaknya tuntutan, beban hidup yang tinggi, dan masalah pekerjaan ditengarahi menjadi sumber seseorang mengalami gangguan kecemasan. Yang membuat khawatir adalah banyak diantara kita yang tidak sadar mengalami gangguan ini. Padahal gangguan kecemasan tergolong gangguan kesehatan mental yang cukup serius.

Seseorang yang mengalami gangguan kecemasan sering kali merasa cemas atau tidak tenang tentang hal-hal yang dipikirkan. Bisa tentang masalah pekerjaan, ekonomi, putus cinta, mendapatkan PHK, ditinggal orang yang disayangi dan banyak lagi masalah yang membuat kita sering merasa cemas.

Orang yang tidak sadar mengalami gangguan kecemasan bisa menjadi indikator yang buruk bagi kesehatan mental. Untuk itu perlu sekali mengetahui beberapa tanda dari gangguan kecemasan :

Baca Juga  Benarkah Perut Yang ‘Six Packs’ Belum Tentu Kuat

1. Khawatir berlebihan
Tanda yang pertama gangguan kecemasan adalah adanya rasa khawatir yang berlebihan. Seseorang yang mengalami khawatir yang berlebihan tentang beberapa hal menjadi tanda kesehatan mental yang kurang baik. Misalnya saja terlalu cemas atau khawatir dengan sesuatu yang belum terjadi atau tentang masa depan.

2. Tak mau bersosialisasi
Tanda yang kedua seseorang yang mengalami gangguan kecemasan adalah tidak mau bersosialisasi dengan orang lain. Mereka akan cenderung menarik diri dan tertutup dengan orang lain. Biasanya orang yang seperti ini akan sulit untuk berinteraksi dengan orang lain, tidak bisa menghadapi orang banyak dan menyendiri.

Baca Juga  Remaja Yang Sering Mendapatkan Ejekan Gemuk Akan Merusak Kesehatan Mental

3. Sakit kepala
Tanda selanjutnya gangguan kecemasan adalah sering merasa sakit kepala. Biasanya mereka yang cemas atau khawatir yang berlebihan akan sering merasakan kepala pusing, vertigo, nyeri kepala atau migrain, gangguan pernapasan dan mudah gemetaran.

4. Susah tidur
Orang yang mengalami gangguan kecemasan ditandai dengan sulit tidur atau insomnia. Mereka akan merasa stres, selalu memikirkan hal-hal yang belum terjadi, panik dan ketakutan sehingga saat mengawali tidur akan merasa sulit. Otomatis saat bangun tidur mereka akan merasakan kondisi tubuh yang kurang segar yang bisa menurunkan konsentrasi atau kualitas kerja.

Baca Juga : Benarkah Orang Yang Banyak Tidur Memicu Gangguan Mental ?

5. Gangguan pencernaan
Tanda gangguan kecemasan yang terakhir adalah muncul masalah pada pencernaan. Hal ini disebabkan karena munculnya rasa pusing, mual, kram pada perut, nyeri pada perut yang bisa mempengaruhi pencernaan kita.

Baca Juga  Resiko Sering Konsumsi Makanan Olahan Meningkatkan Resiko Radang Usus

Hal ini terbukti bagi mereka yang merasakan kecemasan yang berlebih seperti mau ujian akhir, sering kali menderita diare pada esok harinya. Ini menjadi tanda adanya gangguan pencernaan pada orang yang mengalami gangguan pencernaan.

Artikel Terkait : Tips Meredakan Kecemasan Secara Cepat dan Efektif

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *