Kenali Tanda Kalau Kita Kekurangan Protein

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Protein merupakan nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita. Jika nutrisi ini kurang terpenuhi, maka akan menyebabkan masalah kesehatan dalam tubuh. Adapun beberapa contohnya adalah nyeri pada daerah lutut dan persendian dan sering merasakan kedinginan. Untuk itu sangat penting mengetahui tanda kalau kita kekurangan asupan protein.

 

Sebenarnya bukan hanya masalah pada lutut, sendi dan sering kedinginan saja orang yang mengalami kekurangan asupan protein. Namun yang paling umum terjadi adalah kekurangan energi.

tanda-kekurangan-protein

sumber gambar : WinNetNews.com

Berikut cara mengenali beberapa tanda kalau tubuh kita kekurangan protein :

1. Otot lemah

Tanda pertama seseorang yang kekurangan asupan protein adalah merasakan kelemahan pada otot. Kondisi ini disebabkan karena protein sangat berperan dalam menjaga otot tubuh tetap kuat.

Baca Juga  Sering Membakar Kalori Bisa Membuat Otak Kita Awet Muda

Baca Juga : Protein Mempunyai Peranan Yang Penting Dalam membentuk Otot

 

2. Wajah, kaki, dan tangan bengkak

Tanda kedua seseorang yang mengalami defisiensi protein adalah akan mengalami pembengkakan yang terjadi pada wajah, tangan dan kaki. Kondisi ini bisa terjadi karena ada banyak cairan yang menumpuk pada tubuh.

 

3. Alergi

Orang yang rentan terhadap alergi bisa disebabkan karena kekurangan protein. Hal ini disebabkan karena sifat protein mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh secara alami termasuk mencegah terhadap potensi alergi.

Baca Juga  Adakah Efek Samping Memutar Tubuh Sampai Mengeluarkan Bunyi ?

 

4. Merasa lelah

Tanda selanjutnya seseorang yang kekurangan asupan protein adalah mudah lelah. Kita tahu bahwa sifat protein adalah membentuk energi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk beraktivitas.

 

5. Merasa sering lapar

Bagi anda yang sering merasakan lapar bisa jadi tanda kalau kita kekurangan asupan protein. Mengkonsumsi protein akan membuat kita merasa kenyang lebih lama. Hal ini berbeda saat kita hanya mengkonsumsi karbohidrat atau glukosa yang membuat kita cepat lapar.

 

6. Gangguan tidur

Sering mengalami gangguan tidur bisa disebabkan karena kekurangan asupan protein. Konsumsi protein yang cukup bisa membuat tubuh menghasilkan hormon yang memberikan efek ngantuk atau tidur dengan nyenyak.

Baca Juga  Apakah Benar Chiropractic Bisa Menyebabkan Stroke ?

 

7. Tubuh kedinginan

Tanda terakhir seseorang yang kekurangan asupan protein adalah sering merasakan kedinginan meskipun dalam suhu ruangan yang tidak terlalu dingin. Hal ini erat kaitannya dengan sistem kekebalan tubuh.

Artikel Terkait : 7 Kebiasaan Yang Bisa Membuat Tubuh Cepat Lelah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *