Kenali Manfaat Mengkonsumsi Bawang Bagi Kesehatan

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Bagi orang Indonesia tentu tak asing dengan yang namanya bawang. Ya bawang memang dikenal sebagai bahan rempah-rempah yang biasa digunakan dalam memasak makanan. Dengan rasa, aroma dan sifat yang khas membuat bawang menjadi bumbu masakan yang membuat nikmat. Lantas apakah bawang bermanfaat bagi kesehatan ?

sumber gambar : http://www.bawangputih.org

Secara umum terdapat banyak jenis bawang yang beredar di masyarakat, ada bawang merah, putih dan juga kuning. Semuanya mempunyai rasa, bentuk dan ukuran yang berbeda. Dari segi rasa juga ada yang memberikan cita rasa pedas, manis dan juga tajam.

Ternyata menurut para pakar kesehatan bawang menyimpan banyak manfaat bagi kesehatan manusia. Oleh karena itu tak heran jika hampir semua masakan menggunakan bawang sebagai penyedap dan pelengkap makanan.

Baca Juga  Hati-Hati Lipstik Bisa Mengancam Nyawa Anda

Yuk mari kita kenali beberapa manfaat makan bawang bagi kesehatan :

Menghambat kanker
Manfaat pertama mengkonsumsi bawang bagi kesehatan adalah bisa menghambat pertumbuhan sel kanker dalam tubuh. Jenis kanker yang lebih utama adalah kanker perut dan kolorektal. Hal ini disebabkan bawang kaya akan kandungan antioksidan dan juga vitamin C yang bisa membuang banyak radikal bebas yang bisa memicu kanker.

Menurunkan risiko kanker usus besar
Manfaat kedua mengkonsumsi bawang bagi kesehatan adalah bisa menurunkan resiko terjadinya kanker pada usus besar. Hal ini dibuktikan dalam banyak studi yang menyebutkan bahwa cukup dengan mengkonsumsi rutin 7 porsi bawang dalam seminggu sudah bisa menurunkan resiko terjadinya kanker usus besar.

Baca Juga  Tips Mempercepat Kesembuhan Penyakit Dengan Banyak Makan

Menurunkan kanker prostat
Bagi kalangan pria, suka mengkonsumsi bawang bisa menurunkan resiko terjadinya kanker prostat. Dalam hasil studi menyebutkan bahwa kalangan pria yang mengkonsumsi bawang dalam jumlah yang banyak akan memiliki resiko paling rendah terkena kanker prostat.

Mengurangi risiko kanker esophagus dan perut
Manfaat selanjutnya mengkonsumsi bawang bagi kesehatan adalah mengurangi resiko terjadinya kanker esophagus dan perut. Hal ini juga sudah terbukti berdasarkan hasil penelitian.

Tidur dan mood
Ternyata makan bawang juga bisa bermanfaat untuk meningkatkan kualitas tidur dan juga mood anda. Kandungan folat pada bawang terbukti mampu memberikan manfaat ini dan bahkan bisa mengurangi depresi.

Menyehatkan kulit dan rambut
Sering mengkonsumsi bawang ternyata sangat baik untuk kesehatan kulit dan rambut. Dengan kandungan vitamin C yang cukup tinggi, maka membuat bawang bisa memberikan efek pada kulit dan rambut yang semakin bagus.

Baca Juga  7 Kebiasaan Yang Bisa Menyebabkan Tubuh Cepat Lelah

Padat nutrisi
Manfaat terakhir makan bawang bagi kesehatan adalah memberikan sumber nutrisi yang cukup lengkap. Ada banyak kandungan nutrisi baik yang terkandung dalam bawang seperti folat, zat besi, magnesium, kalsium, fosfor, potasium dan juga antioksidan.

Artikel Terkait : Manfaat Labu Kuning Untuk Kesehatan

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *