Kenali Hal-hal Yang Menyebabkan Haid Menjadi Tidak Teratur

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Bagi seorang wanita yang masuk masa akil balik pastinya akan mengalami menstruasi atau haid. Hal ini akan menjadi sebuah rutinitas setiap bulan dan biasanya akan berlangsung selama 2 sampai 7 hari. Secara normal datang bulan atau haid pada wanita akan terjadi secara teratur, namun tak sedikit pula yang mengalami ketidakteraturan. Apa saja yang membuat haid menjadi tak teratur ?

sumber : http://tipscepathamilblog.com – penyebab haid tidak teratur

Sudah tahu belum berapa seharusnya siklus haid yang normal bagi seorang wanita ?. Perlu diketahui bahwa untuk siklus haid normal seorang wanita adalah 28 sampai 35 hari. Namun pada realitanya ada cukup banyak wanita yang baru mengalami haid selama dua bulan atau bahkan tiga bulan sekali. Kondisi haid yang datang terlambat bukan berarti pasti menandakan seorang wanita mengalami kehamilan.

Baca Juga  Bahaya Minum Kopi Setelah Jam 5 Sore

Ternyata ada beberapa faktor yang memicu mengapa banyak wanita mengalami haid yang tak teratur. Berikut beberapa penyebab wanita mengalami haid tidak teratur, diantaranya :

1. Hormon tidak seimbang

Penyebab pertama haid tidak teratur adalah adanya ketidakseimbangan hormon dalam tubuh. Mengapa hal ini bisa terjadi ? Perlu diketahui bahwa proses haid atau menstruasi adalah sebuah proses yang melibatkan banyak organ seperti kandung telur, kelenjar otak dan juga kelenjar tiroid. Bila salah satu organ mengalami masalah, maka bisa dipastikan akan mengganggu siklus haid.

2. Tiroid

Penyebab kedua adalah adanya masalah pada kelenjar tiroid. Fungsi dari kelenjar ini adalah sangat erat kaitannya dengan fungsi metabolisme tubuh. Bukan hanya itu saja, kelenjar tiroid juga mempunyai peranan yang penting dalam interaksi dengan berbagai sistem tubuh. Jadi bila kelenjar tiroid ini mengalami masalah, maka akan bisa berpengaruh pada jadwal haid seseorang.

Baca Juga  Bagi Yang Suka Tidur Berlebihan, Ini Dampaknya Bagi Kesehatan

3. Penurunan berat badan yang drastis

Bagi anda yang mengalami siklus haid tidak teratur, maka bisa juga disebabkan karena sedang menjalani program penurunan berat badan yang turun cukup drastis. Bahkan banyak kasus kondisi ini sering menimbulkan gangguan seperti anoreksia atau bulimia.

4. Penyakit

Penyebab ke empat mengapa haid menjadi tak teratur adalah karena adanya suatu penyakit. Beberapa penyakit seperti jamur yang terjadi pada vagina juga akan mempengaruhi siklus haid seorang wanita.

Baca Juga  Hati-hati Bagi Yang Suka Menelpon Menggunakan Hp, Bisa Meningkatkan Resiko Tumor Otak

5. Stres

Penyebab terakhir siklus haid menjadi tak teratur adalah karena stres. Pada saat kita mengalami stres, maka akan mempengaruhi yang namanya hypothalamus. Bagian otak ini sangat berpengaruh terhadap siklus haid seorang wanita. Pada saat kita stres, maka hypothalamus di dalam otak kita juga akan berpengaruh yang pada ujungnya akan mempengaruhi siklus haid seseorang wanita.

Artikel Terkait : Efek Samping Sabun Pembersih Vagina

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *