Kenali Ciri Nyeri Pinggang Yang disebabkan Karena Saraf Kejepit

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Bagi orang dewasa, nyeri pinggang menjadi hal yang sering terjadi. Kondisi ini sering kali sembuh dengan sendirinya. Namun bagaimana jika nyeri pinggang tersebut disebabkan karena saraf kejepit ? Apa ciri nyeri yang disebabkan karena saraf kejepit ?

Dalam dunia medis, istilah gangguan saraf kejepit disebut dengan herniated nucleus pulposus (HNP). Menurut para pakar kesehatan, untuk menegakkan diagnosa HNP membutuhkan suatu pemeriksaan yang lebih jauh. Meskipun demikian, para pakar membeberkan ada tiga ciri nyeri punggung yang disebabkan karena saraf kejepit ini.

sumber gambar : kompas.com

Nyeri pinggang yang disebabkan karena kekakuan otot biasanya akan sembuh dengan sendirinya. Namun pada kasus saraf kejepit, nyeri pinggang biasanya akan muncul kembali saat dibuat beraktivitas. Nyeri bukan hanya terjadi pada punggung saja, tetapi juga bisa menjalar pada kaki dan lutut. Kondisi ini akan bertahan cukup lama.

Baca Juga  Manfaat Mempunyai Sifat Sabar Bisa Memperpanjang Usia

Baca Juga : Jangan Gunakan Obat Anti Nyeri Untuk Mengatasi Nyeri Lutut

Untuk itu bagi anda yang sering merasakan nyeri pinggang yang sering muncul dan menjalar di berbagai bagian tubuh yang lain, disarankan untuk melakukan pemeriksaan ke dokter. Kondisi saraf kejepit atau HNP yang dibiarkan begitu saja akan menyebabkan gangguan saat beraktivitas dan bisa menyebabkan kelumpuhan.

Untuk mengobati gangguan saraf kejepit atau HNP tidak harus dilakukan operasi. Bisa juga hanya dilakukan tindakan konservatif dengan posisi tidur di atas sebuah matras yang keras dan didampingi oleh ahli fisioterapi. Bisa juga dengan memberikan obat anti nyeri, radiofrekuensi dan jenis obat suntikan sampai laser.

Baca Juga  Rokok Elektrik Tetap Berdampak Buruk Bagi Kesehatan

Banyak orang yang sengaja membiarkan kondisi saraf kejepit dikarenakan takut dilakukan operasi. Kita tahu bahwa orang Indonesia sangat takut sekali dengan istilah operasi. Padahal pengobatan saraf kejepit belum tentu operasi. Saat ini pengobatan saraf kejepit sudah mengalami perkembangan yaitu dengan teknologi laser. Bahkan teknologi ini menurut para pakar kesehatan terbilang lebih efektif dibandingkan dengan radiofrekuensi.

Tindakan ini sering kali diberikan bagi penderita saraf kejepit yang nyerinya bukan hanya terjadi pada pinggang saja, namun sudah menjalar pada bagian kaki dan mengalami penurunan reflek tendon. Tindakan ini juga biasanya diberikan bagi pasien yang sudah berusia lebih dari 50 tahun.

Baca Juga  Waspadai ! Terlalu Stres Dalam Bekerja Dapat Memicu Kanker

Artikel Terkait : Nyeri Punggung Sulit Hilang Meskipun Sudah Minum Obat Anti Nyeri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *