Kenali Beberapa Penyebab Utama Wanita Sulit Hamil

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Semua pasangan yang sudah menikah pasti menginginkan kehadiran buah hati dalam keluarga kecil mereka. Karena dengan adanya sang buah hati akan membuat keluarga terasa lebih lengkap.

Namun ada beberapa penyebab ketidaksuburan yang dapat membuat wanita sulit hamil. Kenali beberapa penyebab seperti dibawah ini:

sumber gambar : http://ramuanabe.com

1. Terlalu lelah bekerja

Hasil dari sebuah penelitian yang dilakukan oleh Harvard T.H. menyebutkan jika wanita yang sering bekerja berat secara fisik akan mempunyai sel telur yang matang lebih sedikit. Sebaliknya jika wanita tidak pernah mengangkat benda yang berat saat kerja akan mempunyai sel telur matang lebih banyak.

2. Indeks massa tubuh terlalu besar

Wanita yang mempunyai berat badan berlebih dapat mempunyai masalah ketidaksuburan mungkin hal ini sudah lama di ketahui. Namun tahukah anda, jika berat badan pria juga berpengaruh ketidaksuburan sama dengan wanita.

Baca Juga  Bahaya di Balik Penggunaan Celana Yoga

Hasil studi terbaru dari Human Reproduction, menyebutkan jika pasangan suami istri yang keduanya mengalami obesitas dapat menyebabkan sulit hamil hingga 59 persen, jika di bandingkan dengan pasangan yang mempunyai berat badan yang sehat.

3. Terlalu Stres

Jika pada wanita hamil sering di larang untuk stres, ternyata stres juga dilarang untuk mereka yang sedang berusaha memiliki anak. Karena stres di percaya dapat mempengaruhi kesuburan.

Jika anda ingin hamil sebaiknya anda mengikuti yoga dan meditasi, karena dengan melakukan yoga dan meditasi dapat membantu mengatasi stres.

4. Berlatih terlalu keras di gym

Olahraga memang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Namun jika anda sedang dalam program kehamilan sebaiknya jangan melakukan olahraga yang terlalu berat dan keras.

Melakukan olahraga yang keras dapat mempengaruhi kesuburan, namun jika olahraga dilakukan secara ringan dan sedang maka dapat meningkatkan kesuburan.

Baca Juga  Apa Yang Menyebabkan Seorang Anak Mengalami Autisme ?

5. Terlalu banyak nonton TV

Terlalu lama nonton TV dan kurang olahraga dapat membuat kualitas sperma menurun. Berdasarkan hasil penelitian menyebutkan jika pria yang sering nonton TV hingga lebih dari 20 jam per minggu dapat membuat kualitas sperma menurun hingga 44 persen.

6. Mengantungi ponsel

Kebiasaan suka mengantungi ponsel di saku celana juga mempunyai efek buruk bagi kesuburan pasangan pria. Radiasi yang ditimbulkan oleh ponsel dan juga panas yang ditimbulkan disinyalir bisa membuat sperma kurang berkualitas. Selain itu radiasi yang ditimbulkan oleh elektromagnetik radio diketahui mampu merusak DNA dan menurunkan kemampuan sperma dalam membuahi sel telur wanita.

7. Terlalu sering berhubungan seks

Tahukah kita bahwa intensitas berhubungan seks yang terlalu sering, ternyata justru meningkatkan resiko belum hamil. Hal ini disebabkan karena semakin sering melakukan hubungan seks, maka jumlah sperma yang dikeluarkan dalam setiap hubungan menjadi sedikit.

Baca Juga  3 Cara Menghindarkan Anak Dari Stres

8. Merokok

Merokok dapat menyebabkan ketidaksuburan baik pada wanita ataupun pada pria. Jika pada pria merokok dapat membuat kualitas sperma menurun, Pada wanita merokok dapat membuat ovarium menua serta dapat menghabiskan jumlah sel telur yang ada di tubuh wanita.

Baca Juga : Alasan Rokok Mengganggu Kesuburan Pria

Sumber : Kompas.com

Artikel Terkait : Bahaya Sering Menggunakan Celana Ketat Bisa Mengurangi Kesuburan

2 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *