Kenali Beberapa Penyebab Bau Tak Sedap Pada Urine

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Tahukah anda jika urine bisa jadi penanda adanya gangguan kesehatan pada tubuh kita. Misalkan dari warna urine bisa jadi indikator kadar hidrasi. Sementara kalau dari baunya mencerminkan tentang apa yang sudah di konsumsi oleh tubuh.

Untuk urine yang normal yakni jika kita cukup minum maka urin akan memiliki bau yang tidak menyengat serta warnanya tidak terlalu keruh.

Namun adakalanya urine mempunyai bau yang sedikit menyengat dari biasanya. Hal ini bisa disebabkan karena mengkonsumsi jenis makanan tertentu yang dapat mempengaruhi bau urine. Namun bisa juga bau urine yang menyengat merupakan sinyal adanya masalah kesehatan.

Baca Juga  Cara Melatih Anak Untuk Mempunyai Ketrampilan Sosial

Kenali beberapa penyebab urine berbau tak sedap, dari yang tidak membahayakan hingga mungkin membahayakan bagi kesehatan tubuh.

1.    Dehidrasi
Ketika anda kurang minum maka urine akan sedikit berbau dan akan berwarna sedikit lebih gelap. Namun jangan khawatir anda hanya perlu minum yang banyak maka bau urine akan hilang dengan sendirinya begitu jg dengan warnanya.

Baca Juga : Mengapa Ada Orang Yang Merasa Selalu Haus ?

2.    Ada masalah infeksi saluran kencing
Urine yang berbau juga bisa menjadi sinyal adanya infeksi pada saluran kencing. Jika anda sudah banyak minum namun urine masih berbau menyengan sebaiknya segerahlah memeriksakan diri ke dokter.

Baca Juga  Bolehkah Melakukan Imunisasi Pada Anak Meskipun Telat

3.    Banyak minum kopi
Mempunyai kebiasaan minum kopi ternyata juga dapat membuat urine mempunyai bau yang cukup menyengat.

4.    Makan banyak bawang merah dan putih
Bawang merupakan salah satu bahan makanan yang mempunyai bau yang menyengat. Oleh karena itu, mengkonsumsi bawang bukan hanya dapat menyebabkan bau mulut namun juga dapat membuat urine berbau tak sedap.

5.    Menderita diabetes
Di zaman dahulu sebelum ilmu kedokteran semakin maju seperti sekarang, untuk mendiagnosa penyakit diabetes para dokter akan mencicipi urine pasiennya dan jika rasanya manis maka si pasien terkena diabetes.  Namun saat ini ilmu kedokteran semakin maju hal ini sudah tidak di lakukan lagi.

Baca Juga  Akibat Jika Suka Mengkonsumsi Saus Tomat

Artikel Terkait : Penyebab Kentut Berbau Tak Sedap

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *