Kenali Beberapa Makanan Ini Yang Sangat Bermanfaat Untuk Kesehatan Ginjal

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Pada umumnya, makanan yang alami di sebut-sebut banyak mengandung gizi yang bermanfaat bagi kesehatan, Namun ada beberapa dari mereka yang bila mau dikonsumsi layak untuk di pertimbangkan secara khusus dulu.

Walaupun tidak ada penjelasan secara ilmiah dari sebutan “Superfood” namun kebanyakan dari masyarakat menganggap superfood ialah makanan yang banyak mengandung antioksidan,vitamin dan nutrisi lainnya yang jumlahnya sangat luar biasa tingginya.

sumber gambar : Alodokter.com

 

Berikut ini ada beberapa makanan yang sering di sebut sebagai superfood yang menurut National Kidney Foundation, mempunyai manfaat baik untuk kesehatan ginjal, selain itu juga sangat baik untuk membantu menjaga kesehatan secara keseluruhan.

1. Apel

Apel mengandung serat larut yang bisa menurunkan kadar glukosa dan kolesterol dalam tubuh. Jika mengkonsumsi apel sebaiknya jangan di kupas kulitnya cukup dibersihkan saja hingga benar-benar bersih. Karena kulit buah apel ialah sumber antioksidan, seperti antioksidan yang sering disebut quercetin, yang bisa melindungi sel otak.

Baca Juga  Dampak Negatif Berkendara Motor Tanpa Memakai Jaket Bagi Kesehatan

Buah apel segar juga mengandung vitamin C. Seperti yang anda ketahui jika vitamin C merupakan salah satu vitamin dengan fungsi antioksidan yang tinggi.

2. Bluberi

Bluberi menduduki peringkat tertinggi di antara buah-buahan dan sayuran yang mengandung antioksidan. Bluberi merupakan buah yang rendah kalori, kaya akan serat, dan vitamin C yang kesemuanya bermanfaat bagi ginjal anda.

Baca Juga : Fakta Tentang Antioksidan Yang Sangat Bermanfaat

3. Ikan tinggi asam lemak Omega-3

Nutrisi yang sangat penting bagi tubuh kita,dan tubuh kita tidak dapat memproduksi sendiri ialah asam lemak Omega-3, maka untuk memenuhinya kita harus mendapatkan Omega-3 melalui makanan.

Asam lemak Omega-3 mempunyai banyak fungsi yang sangat penting dalam tubuh, diantaranya mengontrol pembekuan darah serta menyusun membran sel di otak.

Baca Juga  Dampak Kadar Gula Tinggi Bisa Merusak Organ Seksual

Ikan yang sangat terkenal banyak mengandung Omega-3 adalah ikan salmon. Namun selain itu ikan tuna albacore,makarel dan sarden juga banyak mengandung Omega-3

4. Kale

Ada jenis sayuran yang kaya kandungan vitamin A, C , kalium, flavonoid dan karotenoid yaitu kale. Dengan kandungan yang cukup lengkap tersebut, membuat sayuran ini sangat bagus bagi kesehatan mata, ginjal dan bisa juga mencegah terjadinya kanker.

5. Stroberi

Buah yang banyak diminati ini ternyata sangat bagus bagi kesehatan ginjal. Meskipun bentuknya kecil, namun buah yang satu ini kaya kandungan antioksidan dan serat. Dengan demikian bisa mencegah terjadi inflamasi dan berfungsi sebagai zat anti-kanker alami tubuh.

6. Bayam

Deretan ke enam ada sayuran bayam yang kaya kandungan vitamin A, C, K dan folat. Bukan hanya itu saja, ternyata bayam juga cukup banyak mengandung beta karoten yang sangat bagus untuk sistem kekebalan tubuh sehingga mencegah berbagai kerusakan organ termasuk ginjal.

Baca Juga  Pengguna Kontak Lensa Wajib Melakukan Kebiasaan Ini

7. Ubi

Makanan terakhir yang sangat bagus untuk kesehatan ginjal adalah ubi jalar. Ada banyak nutrisi yang terkandung dalam ubi jalar yang sangat dibutuhkan oleh ginjal kita seperti beta karoten, vitamin C dan A. Selain itu ada juga vitamin lain seperti B6 dan kalium.

Artikel Terkait : Makanan Yang Bisa Membuat Kita Awet Muda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *