Kenali Bahaya Menerapkan Pola Makan Bebas Gluten

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Saat ini pengikut pola diet bebas gluten terus mengalami peningkatan. Sebenarnya pola makan bebas gluten ini ditujukan bagi mereka yang mengalami masalah pencernaan tepatnya penyakit celiac. Namun pada kenyataannya banyak orang yang mengikuti pola makan ini karena menganggap sehat.

sumber gambar : http://www.greeners.co

Apa sebanarnya gluten itu ?. Gluten adalah sebuah protein pengikat yang mempunyai bentuk elastis dan lengket yang biasanya terdapat pada jaringan inti gandum, rye dan barley. Dengan adanya gluten ini akan memberikan rasa renyah dan elastis pada makanan.

Baca Juga : Manfaat Konsumsi Serat Bisa Membuat Panjang Umur Bebas Penyakit 

Gluten ini dilarang dikonsumsi oleh pengidap penyakit celiac. Jika dikonsumsi akan menyebabkan reaksi peradangan pada bagian usus kecil.

Baca Juga  Benarkah Perut Buncit Lebih Berbahaya dibandingkan Obesitas ?

Menurut para pakar kesehatan, sebenarnya bagi orang sehat tidak perlu takut mengkonsumsi gluten. Ini hanya berlaku bagi mereka yang menderita penyakit celiac saja. Terlebih lagi bahwa pola diet bebas gluten terbukti kurang cocok jika diterapkan bagi semua orang.

Hal ini dibuktikan dalam sebuah hasil studi terbaru yang dilakukan oleh para ahli yang berasal dari Universitas Harvard yang menyimpulkan bahwa penerapan diet gluten justru akan memicu resiko penyakit diabetes.

Baca Juga  Tips Mudah Menghilangkan Napas Yang Berbau Bawang Putih

Diketahui bahwa penelitian ini dilakukan selama 30 tahun dengan melibatkan hampir lebih dari 200.000 pasien. Diketahui pula bahwa hampir rata-rata pasien hanya mengkonsumsi gluten tidak lebih dari 12 gram dalam sehari atau hanya sekitar dua iris roti gandum saja.

Ternyata pasien yang mengkonsumsi gluten lebih banyak, ternyata resiko terkena penyakit diabetes sebesar 13 persen lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang hanya konsumsi gluten sebanyak 4 gr sehari.

Diketahui pula bahwa mereka yang hanya mengkonsumsi sedikit dari gluten, akan cenderung sedikit mengkonsumsi sereal serat dan mikrovitamin. Padahal menurut para pakar kandungan ini sangat penting untuk mencegah seseorang dari penyakit diabetes.

Baca Juga  Bagusan Mana Makan Buah Sebelum Atau Sesudah Makan ?

Sumber : Kompas.com

Artikel Terkait : Pola Diet Seperti Apa Yang Sangat Bagus Bagi Kesehatan Jantung ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *