Kenali 5 Makanan Yang Bermanfaat Menambah Trombosit

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Ketika jumlah trombosit dalam tubuh menurun maka akan berpengaruh pada sistem kekebalan tubuh yang juga akan ikut menurun.

 

Di musim hujan seperti saat ini yang sering menimbulkan banjir membuat semakin merebaknya penyakit demam berdarah. Untuk itu meningkatkan kekebalan tubuh sangat penting agar kita tidak mudah terinveksi virus.

sumber gambar : www.hidayatullah.com

Berikut ini adalah makanan-makanan yang bermanfaat menambah trombosit yang dapat anda konsumsi sehari-hari supaya kadar trombosit dalam darah tercukupi:

1. Kurma

Kurma adalah makanan yang mempunyai rasa manis dan biasanya banyak di cari saat bulan ramadhan ini, ternyata kandungan zat besinya sangat tinggi dan juga banyak nutrisi lainnya yang mempunyai manfaat sangat baik jika di konsumsi karena dapat menjadi penambah trombosit secara alami

Baca Juga  Mengenal Obat Biosimilar dan Keunggulannya

2. Angkak

Angkak adalah beras putih yang telah difermentasikan dengan jamur monaskus purpureus dan akan berubah warna menjadi merah tua. Ternyata angkak dapat meningkatkan jumlah trombosit secara signifikan.

Karena manfaatnya inilah, angkak sering di gunakan sebagai obat dari sakit demam berdarah. Manfaat lain dari angkak selain dapat meningkatkan trombosit, ternyata juga dapat menurunkan kolesterol.

3. Sayuran Hijau

Sayuran hijau seperti bayam dan kangkung mengandung banyak vitamin K yang sangat baik di konsumsi saat jumlah trombosit menurun,karena dapat menaikkan jumlah trombosit secara alami.

Baca Juga  Ternyata Makan Saat Perut Kenyang Berbahaya

4. Jambu Merah

Kepopuleran buah ini masih kalah jika di bandingkan dengan buah jeruk yang sangat terkenal akan kandungan vitamin C nya. Namun tahukah anda jika vitamin C pada buah jambu biji merah jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan buah jeruk.

Baca Juga : Manfaat Konsumsi Daun jambu Biji Bagi Kesehatan

Dan kandungan vitamin C tertingginya berada di kulit jambu biji merah untuk itu sebaiknya jangan dikupas kulitnya jika mau di konsumsi. Karena itu konsumsi buah jambu biji merah sangat baik untuk menjaga daya tahan tubuh.

5. Gandum Utuh

Untuk memenuhi asupan karbohidrat pada tubuh mengkonsumsi gandum utuh jauh lebih baik jika di bandingkan dengan mengkonsumsi nasi biasa. Hal ini karena gandum banyak mengandung serat,mineral,nutrisi dan juga vitamin yang sangat baik untuk meningkatkan jumlah trombosit dalam tubuh.

Baca Juga  Tips Mengenali Anak Yang Menderita Kanker Darah

Artikel Terkait : Sering Mengalami Memar, Bisa Jadi Pertanda Gangguan Autoimun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *