Keluhan Yang Sering dirasakan Oleh Perokok Pemula

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Ternyata efek buruk merokok bukan hanya terjadi pada jangka panjang saja. Bagi mereka yang tergolong pemula dalam merokok juga kerap merasakan berbagai keluhan kesehatan. Kondisi ini menunjukkan kalau merokok benar-benar punya dampak buruk bagi kesehatan.

Apa yang terjadi pada kesehatan perokok pemula ? Menurut para pakar kesehatan mengatakan bahwa bagi mereka perokok pemula sering kali sudah merasakan masalah pada saluran pernapasan mereka. Itu wujud adanya iritasi yang terjadi pada saluran pernapasan.

sumber gambar : nationalgeographic.co.id

Beberapa gejala yang sering muncul adalah sering batuk, banyak mengeluarkan sekret atau dahak yang disebabkan karena kerusakan silia atau rambut halus yang mempunyai fungsi dalam menjaga kebersihan saluran pernapasan.

Baca Juga  Manfaat Memiliki Kulit Yang Berjerawat Membuat Kita Menua Lebih Lama

Tahukah kita bahwa berdasarkan sebuah hasil studi menyebutkan bahwa cukup dengan 2 sampai 3 kali hisapan rokok sudah bisa membuat sekitar 50 silia atau rambut halus yang ada di sepanjang saluran pernapasan menjadi tidak berfungsi. Akibat yang akan terjadi adalah udara dari luar yang kotor tidak bisa dibersihkan sehingga memicu infeksi pada saluran pernapasan.

Kondisi ini akan jauh lebih buruk bagi remaja yang mempunyai riwayat penyakit asma dan gangguan jantung. Mereka yang mempunyai riwayat penyakit ini akan menyebabkan suatu penyempitan pada saluran napas yang memicu sesak napas.

Baca Juga  Ini Dia Penyebab Sering Merasa Gatal Pada Organ Genital Wanita

Sedangkan untuk jangka panjang ada beberapa penyakit pernapasan yang siap menjangkiti. Beberapa diantaranya faringitis, ISPA atau infeksi saluran pernapasan akut, pneumonia, serangan jantung, impotensi dan kanker paru. Kondisi lain yang sering dirasakan oleh mereka yang merokok adalah sering merasakan kepala pusing.

Baca Juga : Merokok Juga Mengakibatkan Kerusakan DNA Secara Permanen

Seorang remaja yang sudah mempunyai kebiasaan merokok akan mengalami penurunan penampilan. Hal ini disebabkan karena karena efek merokok akan membuat napas mereka berbau, gigi berubah menjadi kekuningan dan secara umum penampilannya kurang keren.

Baca Juga  Manfaat Rutin Minum Kopi Bisa Mencegah Penyakit Kanker Hati

Artikel Terkait : Beberapa Fakta Tentang Kanker Paru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *