Kelebihan Minum Air Hangat Dibandingkan Dengan Air Dingin

header niko 728 x 90

manfaat air hangat

InspirasiBersama.com – Tahukah anda minum air hangat memiliki manfaat atau kelebihan yang lebih dibandingkan dengan minum air yang dingin. Namun kebanyakan dari kita selalu lebih memilih air yang dingin, apalgi disaat haus. Jika anda belum pernah mencobanya, coba anda minum air hangat saat anda haus. Lakukan beberapa kali dan rasakan perbedaanya.

Ada banyak keunggulan air hangat dibandingkan dengan air dingin. Air hangat sangat cocok bagi anda yang sedang menjalani program diet karena mengandung kalori yang lebih. Selain itu air dingin mempunyai sifat yang adiktif yaitu rasa ingin minum lagi dan lagi. Selain itu air hangat juga lebih murah dibandingkan dengan air dingin.

Berikut beberapa alasan mengapa air hangat sangat bermanfaat bagi kesehatan dibandingkan dengan air dingin :

Baca Juga  Benarkah Polusi Udara Bisa Menyebabkan Kanker Payudara ?

1. Membuat berkeringat

Saat kita konsumsi air hangat maka mendorong tubuh kita untuk berkeringat. Padahal berkeringat adalah proses yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Saat tubuhb kita berkeringat berarti secara alami tubuh melakukan detoksifikasi, mampu membersihkan pori-pori pada kulit dan melancarkan peredaran darah. Hal ini berbeda saat kita minum dingin.

2. Mencegah diabetes

Berdasarkan hasil penelitian menyebutkan bahwa minum air dingin akan meningkatkan resiko diabetes. Hal ini dikarenakan saat kita minum dingin, maka gula darah kita akan mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Berbeda saat kita minum air hangat.

3. Menjaga tubuh stabil

Dengan rajin konsumsi air hangat, maka membuat tubuh kita menjadi lebih stabil dan tenang. Dengan kondisi ini maka tubuh kita akan semakin sehat. Berbeda saat kita minum dingin terutama yang kemasan akan menimbulkan ketidakseimbangan tubuh.

Baca Juga  Informasi Kesehatan Yang Sering Dicari Di Google

4. Menghangatkan tubuh

Saat berada pada suhu yang dingin seperti di pegunungan, minum air hangat sangat penting untuk membuat tubuh kita terasa hangat. Dengan begitu kita akan terasa nyaman dan tenang.

5. Meningkatkan metabolisme

Saat kita mengkonsumsi air hangat, maka akan meningkatkan metabolisme tubuh. Dengan demikian konsumsi air hangat sangat baik untuk menjaga berat badan yang ideal.

6. Melancarkan pencernaan

Saat kita mengkonsumsi air hangat sebelum atau sesudah makan akan membuat tubuh kita terasa lebih nyaman dibandingkan dengan konsumsi air dingin. Artinya minum air hangat sebelum atau sesudah makan mampu membuat pencernaan kita semakin sehat sehingga sangat bagus untuk program diet anda.

Baca Juga  Salah Mengolah Kentang Bisa Berbahaya Bagi Kesehatan

7. Membuat gigi lebih sehat

Konsumsi air dingin membuat kesehatan gigi kita kurang bagus. Bahkan sebagian orang merasa ngilu saat minum air yang dingin. Jika ini sering dilakukan, maka akan membuat gigi kita menjadi rusak. Untuk menjaga kesehatan gigi, kita bisa membiasakan minum air hangat. Dengan rajin konsumsi air hangat maka membuat gigi dan gusi menjadi kuat dan sehat.

 

Artikel Terkait : Benarkah Minum Air Es Membuat Gemuk ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *