Kelebihan dan Kekurangan Persalinan Normal dan Caesar

header niko 728 x 90

lahir normal

InspirasiBersama.com – Bagi anda yang saat ini seorang wanita muda yang baru saja melangsungkan pernikahan, tentu akan mempunyai program mempunyai anak. Bukan hanya itu saja, tentu anda juga berpikiran bagaimana nantinya anak saya lahir, pilih normal atau caesar ?. Setiap wanita yang hamil tentu akan mempunyai pikiran yang sama. Kali ini kita akan membahas tentang kelebihan dan kekurangan persalinan normal dan caesar.

 
Dengan semakin berkembangnya ilmu dan teknologi kedokteran membuat persalinan wanita semakin mudah dengan dilakukan caesar. Dengan begitu seorang wanita yang memiliki resiko tinggi kesehatan untuk melakukan persalinan normal bisa memilih jenis persalinan caesar yang lebih aman bagi ibu dan bayi. Meskipun demikian, bukan berarti persalinan caesar menjadi pilihan yang terbaik.

 

Tahukah bahwa menurut pendapat seorang pakar sekaligus dokter spesialis kandungan yang berasal dari Harvard Medical School yang bernama Katherine Economu, MD, MPH mengatakan bahwa antara melakukan persalinan normal maupun caesar sama-sama aman. Tetapi jika disuruh membandingkan, maka persalinan normal ternyata lebih aman dibandingkan dengan caesar.
Berikut penjelasan kelebihan dan kekurangan persalinan normal dan caesar :

Baca Juga  Rahasia Awet Muda Seorang Melissa Karim

Kelebihan persalinan normal:
– Kelebihan pertama melakukan persalinan normal adalah waktu pemulihan dan pasca melahirkan yang relatif lebih singkat dibandingkan dengan persalinan caesar.

– Yang kedua adalah dengan melakukan persalinan normal, maka memberikan kepuasan tersendiri bagi seorang wanita. Seorang wanita akan lebih merasa sebagai ibu jika melakukan persalinan secara normal.

– Tidak dapat dipungkiri bahwa persalinan normal memiliki resiko lebih rendah terhadap kelahiran anak yang menderita gangguan pernapasan, elergi dan laktosa intoleran.

– Mereka yang melakukan persalinan normal pada anak pertama, maka jika melakukan persalinan normal pada anak kedua akan lebih cepat dan singkat.

Baca Juga  Dampak Buruk Wanita Hamil Tidur Terlentang

– Wanita yang melahirkan anak dengan normal akan bisa melakukan menyusui  dengan cepat.

– Dengan persalinan normal, maka proses bonding akan menjadi lebih cepat.

Kekurangan persalinan normal:
– Tidak dapat dipungkiri bahwa kekurangan melakukan persalinan secara normal kurang bisa mengurangi resiko komplikasi saat persalinan.

– Seorang ibu yang melakukan persalinan normal akan lebih besar kemungkinannya untuk mengalami inkontinensia (mengompol).

– Kekurangan persalinan normal yang ketiga adalah jika ternyata persalinan berlangsung lama, maka bisa menyebabkan bayi kekurangan oksigen.

Kelebihan persalinan caesar:
– Kelebihan pertama melakukan persalinan caesar membuat para ibu bisa menentukan waktu lahir dan tidak merasakan kontraksi yang berlebihan.

– Kelebihan yang kedua adalah resiko mengalami trauma akan semakin kecil.

– Kelebihan selanjutnya adalah bisa mencegah terjadinya kehamilan setelah melakukan persalinan.

– Kelebihan terakhir melakukan persalinan caesar adalah bisa mengurangi penularan penyakit infeksi dari ibu ke anak.

Baca Juga  Tips Baru Memperpanjang Usia Dengan Konsumsi Kacang Polong

Kekurangan persalinan caesar:
– Kekurangan melakukan persalinan caesar adalah akan mengalami resiko pembedahan dan pengaruh obat anestesi.

– Kekurangan yang kedua adalah meningkatkan resiko infeksi yang terjadi pasca persalinan, resiko penyumbatan pembuluh darah dan gangguan pada jantung.

– Kekurangan persalinan caesar selanjutnya adalah meningkatkan resiko hipertensi pada paru.

– Jika melakukan operasi caesar pada kelahiran anak pertama, maka besar kemungkinan akan kembali melewati meja operasi pada kelahiran anak kedua.

Artikel Terkait : Apakah Benar Air Kelapa Bisa Bermanfaat Melancarkan Persalinan ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *