Kecemasan Pada Anak Bisa Menyebabkan Gangguan Makan

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Kecemasan yang identik dengan orang dewasa, ternyata juga sering melanda kalangan anak-anak. Kecemasan yang terjadi bisa bermacam-macam, ada juga anak yang cemas terhadap bentuk tubuh yang bisa mempengaruhi pola makan.

 

Kecemasan yang terjadi pada anak bukan hal biasa. Anak yang mengalami kecemasan bisa berpengaruh pada tumbuh kembang yang kurang optimal yang disebabkan karena pola makan yang ikut terganggu. Pada pada masa anak memerlukan asupan makanan yang seimbang untuk menunjang pertumbuhan yang optimal.

kecemasan-pada-anak

sumber gambar : Bidanku.com

Meskipun demikian, banyak orang tua yang tidak menyadari kalau anaknya mengalami kecemasan dan berujung pada nafsu makan yang menurun. Jika hal ini dibiarkan bagitu saja, maka gangguan akan berlanjut sampai anak usia remaja. Bukti kalau banyak orang tua yang kurang peka jika anaknya mengalami kecemasan adalah berdasarkan hasil studi yang melibatkan 30 orang tua, mereka semua tidak tahu kalau anaknya mengalami kecemasan. Bahkan para orang tua terkesan membiarkan begitu saja tanpa berusaha untuk mengurangi rasa cemas anak.

Baca Juga  Konsumsi Buah Ini Bisa Membuat Badan Sehat dan Langsing

 

Seorang anak yang mengalami kecemasan terhadap bentuk badannya biasanya memiliki beberapa tanda, diantaranya adalah mulai menyinggung tentang berat badan, mencari perhatian orang lain, mengeluhkan tentang pakaian yang sudah tidak muat lagi dan sering komentar seputar berat badan.

Baca Juga : Bahaya Jika Seorang Anak dibiarkan Mengalami Obesitas

 

Apabila anda mendapati anak mengalami tanda kecemasan diatas, maka itu menjadi tanda kalau anak kita mengalami kecemasan. Segera sebagai orang tua bertindak untuk mengatasi kecemasan tersebut agar menghilang pada anak.

 

Usia anak memang mulai terjadi perkembangan sosial dan intelektual. Mereka akan banyak melihat figur orang lain yang menjadi gambaran citra diri atau idolanya. Misalnya saja anak yang mengidolakan seorang artis sehingga mereka akan meniru apapun gaya yang melekat pada sang artis termasuk bentuk tubuhnya.

Baca Juga  Beberapa Alasan Mengapa Pasangan Enggan Untuk Berhubunagan Seksual

 

Seorang anak yang cemas akan hal ini, bisa menyebabkan anak mengalami gangguan pola makan. Misalnya saja artis sang idola ternyata mempunyai bentuk tubuh yang langsing, maka anak kita akan mulai cemas bagaimana caranya bentuk badannya sama dengan artis idolanya.

 

Anak yang mengalami gangguan kecemasan seperti ini akan bisa mengganggu rasa percaya diri. Selain itu juga mempengaruhi pola makan. Padahal asupan gizi yang seimbang sangat diperlukan oleh anak dibandingkan dengan melakukan diet untuk menurunkan berat badan.

 

Baca Juga  Waspada E. Coli Pada Makanan Daging Olahan

Jika mendapati anak mengalami gangguan kecemasan yang seperti ini, maka sebagai orang tua harus peka dan berusaha memotivasi anak agar kepercayaan dirinya kembali pulih. Caranya adalah dengan sering melakukan pujian kepada anak tentang bentuk tubuh dan terlihat lebih cantik.

 

Selain itu orang tua juga harus mendidik anaknya untuk konsumsi makanan yang kaya kandungan gizi yang seimbang. Jelaskan manfaat gizi bagi seorang anak untuk menunjang pertumbuhan yang lebih optimal.

Artikel Terkait : Pola Makan Anak Akan Meniru Kebiasaan Orang Tua

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *