Kebiasaan Pasca Mandi Yang Kurang Baik Bagi Kesehatan

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Kita tentunya sudah akrab dengan yang namanya mandi. Kegiatan ini kita lakukan dua kali dalam sehari agar badan kita tetap bersih, segar dan terhindar dari paparan bakteri. Meskipun menjadi hal yang sangat familiar, namun pada kenyataannya banyak orang justru melakukan hal-hal pasca mandi yang ternyata kurang baik bagi kesehatan.

sumber gambar : http://palingseru.com

Jika hal ini kita biarkan begitu saja, maka tentunya akan merugikan kesehatan bagi tubuh kita. Yuk simak beberapa kebiasaan pasca mandi yang ternyata mempunyai dampak kurang baik bagi kesehatan :

 

Mengeringkan wajah dengan handuk
Pasca mandi maka yang dilakukan kebanyakan orang adalah menggunakan handuk untuk membersihkan bagian wajah dan seluruh tubuh untuk membersihkan sisa-sisa air yang masih menempel. Ternyata kebiasaan ini berdampak buruk bagi kesehatan kulit wajah kita yang ternyata memicu iritasi. Sebaiknya kita hanya menepuk-nepuk kulit bagian wajah dengan handuk secara perlahan saja.

Baca Juga  Solusi Mengatasi Dengkuran Saat Tidur

Mencukur bulu ketiak dan menggunakan deodorant tanpa jedah waktu
Melakukan cukur bulu ketiak saat mandi juga sering kali dilakukan oleh banyak orang. Namun yang salah disini adalah kita langsung menggunakan deodorant. Padahal hal ini bisa memicu munculnya iritasi dan alergi. Sebaiknya memberikan jeda waktu setelah mencukur bulu ketiak, baru beberapa waktu kemudian memberikan deodorant.

Malas memakai body lotion
Kesalahan pasca mandi yang sering kali dilakukan adalah malas menggunakan body lotian. Kebanyakan orang terutama kalangan pria akan menganggap bahwa pasca mandi maka kondisi tubuh dan kulit kita sudah bersih dan tak perlu lagi memakai body lotion. Padahal menggunakan body lotion pasca mandi adalah waktu terbaik karena pori-pori kulit masih terbuka dengan baik sehingga nutrisi yang berasal dari body lotian bisa terserap dengan maksimal.

Baca Juga  Ketahui Penyebab Mengapa Anak Suka Tak Pedulikan Larangan Orang Tua

Suka nyisir rambut yang masih basah
Kesalahan selanjuntya pasca mandi yang banyak dilakukan banyak orang adalah menyisir rambut meskipun dalam kondisi basah. Biasanya untuk mendukung agar rambut cepat kering, maka kita menggosoknya dengan menggunakan handuk. Kebiasaan ini ternyata bisa memicu rambut mudah patah, rusak, kaku dan gampang rontok.

Pakai celana dalam meskipun organ genital masih basah
Kebiasaan terakhir pasca mandi yang berdampak kurang baik bagi kesehatan adalah langsung menggunakan celana dalam meskipun masih dalam kondisi basah. Ternyata hal ini memicu banyaknya bakteri dalam area genital yang meningkatkan resiko terjadinya infeksi. Jadi sebaiknya anda pastikan organ vital dalam kondisi benar-benar kering baru kita memakai celana dalam.

Baca Juga  Mengapa Rambut Anak Saya Sering Kali Kusut ?

Artikel Terkait : Dampak Mencukur Bulu Kaki Bagi Pria

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *