Kebiasaan Merokok di Usia Yang Sangat Muda, Dapat Membuat Penyakit Kronis Datang Lebih Cepat

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Sudah bukan rahasia lagi jika mempunyai kebiasaan merokok dapat memberikan efek tidak bagus untuk kesehatan tubuh baik dalam jangka waktu pendek maupun panjang.

Efek jangka panjang yang disebabkan karena kebiasaan merokok antara lain, risiko penyakit paru, risiko terkena stroke, jantung koroner, bahkan kanker. Dan yang membuat miris ialah tidak ada yang tau pasti kapan seorang perokok dapat terkena penyakit seperti itu.

sumber gambar : http://kompak.co

Dr.Agus Dwi Susanto seorang spesialis paru, menjelaskan jika risiko terkena penyakit pada seorang perokok tergantung dari lamanya kebiasaan merokok dan intensitas merokoknya.

Dr.Agus juga menjelaskan, jika semakin dini usia perokok, maka dapat membuat datangnya penyakit kronis akan semakin cepat pula.
Hal ini yang sering terjadi di zaman sekarang, penyakit akibat rokok seperti jantung,kanker dan paru yang dulu lebih banyak di jumpai pada orang yang usianya di atas 50 th, sekarang sudah mulai banyak menyerang orang yang usianya lebih mudah, yaitu sekitar usia  35-40 th.

Baca Juga  Benarkah Konsumsi Kuning Telur Tidak Menyebabkan Kolesterol Naik ?

 

Mempunyai kebiasaan merokok memang sangat merugikan,karena dapat merusak kesehatan. Mereka yang mempunyai kebiasaan merokok dapat mengalami penurunan fungsi paru hingga 2-3 kali lebih cepat jika di bandingkan dengan mereka yang tidak merokok.

Kondisi seperti itu dapat meningkatkan penyakit yang berhubungan dengan paru, seperti Penyakit Paru Obstruktis Kronis (PPOK), TB paru, sampai terkena penyakit kanker paru.

Baca Juga  Informasi Kesehatan Yang paling Sering dicari di Google

Baca Juga : Jangan Pernah Beranggapan Terlambat Untuk Berhenti Merokok
Pada saat remaja merupakan massa dimana fungsi paru sedang berkembang. Maka jika pada massa remaja sudah jadi perokok, maka fungsi paru yang sedang berkembang akan terganggu.

Bukan hanya itu, Pembuluh darahpun dapat mengalami kerusakan secara berlahan akibat dari terpapar racun rokok yang secara terus menerus. Jika kebiasaan merokok sudah di lakukan sejak usia dini, maka 15-20 th mendatang akan semakin banyak generasi mudah yang sakit-sakitan.

Baca Juga  Ada 4 Jenis Kanker Yang di Rasa Paling Menyakitkan

Remaja indonesia sekarang yang sudah menjadi pecandu rokok jumlahnya semakin meningkat dari tahun ke tahun. Hal ini semakin mengkhawatirkan, berdasarkan riset kesehatan jumlah perokok pada anak usia dini 0,1 persen di th 2007 naik menjadi 1,7 persen di tahun 2010.

Artikel Terkait : Awal Mula Munculnya Penyakit Kanker Paru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *