Kebiasaan Ini Tanpa Kita Sadari Bisa Mempengaruhi Mood

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Setiap hari kita pastinya mempunyai mood yang berbeda-beda. Hal ini biasanya sangat erat dengan apa yang kita lakukan dan temui. Namun mood sangat erat dengan kebiasaan yang kita lakukan setiap harinya. Berikut beberapa kebiasaan sederhana yang ternyata bisa mempengaruhi mood seseorang :

Ilustrasi kurang tidur

sumber gambar : http://sidomi.com/

Warna

Tahukah anda kalau warna bisa mempengaruhi mood seseorang. Dalam hasil studi diketahui kalau warna biru mampu memberikan efek lebih tenang dan rileks. Sedangkan untuk warna merah lebih mendorong kita untuk lebih bersemangat dan aktif.

 

Jadi untuk membuat mood kita lebih baik, maka pilihlah warna cat rumah, kamar tidur, atau ruang kerja anda di rumah dengan warna yang bisa memberikan ketenangan dan membuat anda bersemangat.

 

Pil KB

Seorang wanita yang mengikuti program kontrasepsi jenis pil KB, diketahui berdasarkan hasil studi lebih mungkin untuk mengalami depresi atau stres dibandingkan dengan wanita yang tidak mengkonsumsi pil KB setiap harinya.

Baca Juga  Ternyata Remaja Yang Hobi Merokok Lebih Rentan Untuk Mengalami Depresi

 

Kondisi ini disebabkan karena terjadinya perubahan hormon pada wanita yang mengkonsumsi pil KB setiap hari. Kondisi ini ternyata juga terjadi bagi wanita yang menggunakan KB suntik.

 

Mood pasangan

Bagi anda yang sudah mempunyai pasangan, ternyata mood kita juga dipengaruhi oleh pasangan kita. Misalnya saja hendak berangkat kerja kita melihat pasangan yang wajahnya cemberut, maka secara psikologis akan mempengaruhi mood kita saat bekerja.

 

Pilihan makanan

Kebiasaan sederhana yang ternyata bisa mempengaruhi mood seseorang adalah jenis makanan yang dikonsumsi. Banyak orang yang tidak percaya akan hal ini. Konsumsi jenis makanan yang tinggi gula dan jenis makanan olahan, lebih membuat kita kurang bersemangat. Hal berbeda saat kita mengkonsumsi jenis makanan sayur dan buah-buahan.

Baca Juga : Banyak Makan Buah dan Sayur Bisa Membuat Kita Lebih Bahagia

 

Baca Juga  Banyak Orang Tua Yang Tak Menyadari Anaknya Mengalami Kelebihan Berat Badan

Cuaca

Tidak dipungkiri kalau cuaca juga sangat mempengaruhi mood seseorang. Misalnya saja saat hujan mulai turun, maka biasanya mood kita akan menurun. Berbeda saat matahari bersinar dengan cerah di pagi hari, hal ini akan membuat kita lebih bahagia dan semangat. Ternyata hal ini disebabkan karena sinar matahari bisa membangkitkan hormon serotonin dalam tubuh sehingga membuat perasaan yang lebih bahagia.

 

Suhu

Menurut para pakar kesehatan mengatakan kalau suhu ruangan bisa mempengaruhi mood seseorang. Misalnya saja suhu yang panas dan dingin.

 

Suhu tempat bekerja yang panas akan cenderung membuat kita kurang bersemangat dan cenderung lesu. Berbeda saat suhu ruangan kerja kita sejuk dan nyaman, maka bisa meningkatkan gairah kerja yang lebih produktif.

 

Media sosial

Kebiasaan manusia sekarang ini yang tidak lepas akan media sosial, ternyata sangat mempengaruhi mood seseorang. Melihat sebuah timeline di media sosial bisa berpengaruh besar bagi mood kita. Misalnya saja melihat update status teman kita yang sedang dilanda musibah, maka secara otomatis akan membuat kita ikutan sedih.

Baca Juga  Ketahui 4 Kebiasaan Yang Menyebabkan Mengapa Kita Sering Kentut

 

Kurang tidur

Kebiasaan terakhir yang bisa mempengaruhi mood seseorang adalah kurang tidur. Berdasarkan sebuah hasil studi menyebutkan kalau seseorang yang kurang tidur bisa menyebabkan mudah stres, mudah marah, empati menurun dan suasana hati kurang bahagia. Hal ini terlihat sangat sepele namun sangat erat mempengaruhi emosi seseorang.

Artikel Terkait : Sering Stres Juga Bisa disebabkan Karena Kurang Vitamin B12

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *