Kebiasaan Duduk Lama Meningkatkan Angka Kematian Yang Cukup Tinggi

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Saat kita berbicara tentang kebiasaan duduk lama, maka banyak orang tidak menganggap sebagai sebuah penyakit yang berbahaya bagi kesehatan. Namun tahukah kita bahwa kebiasaan duduk lama jika dilakukan dalam jangka waktu yang lama akan menyebabkan masalah kesehatan yang serius yang bisa menyebabkan resiko kematian dini.

 

Hal ini bukan sebuah isapan jempol semata, berdasarkan sebuah hasil studi terbaru yang dipublikasikan dalam American Journal of Preventive Medicine menyebutkan kalau kebiasaan duduk lama atau lebih dari 3 jam dalam sehari mampu meningkatkan resiko kematian dini sampai 3,8 persen.

bahaya-duduk-3-jam

sumber gambar : uceng999.com

Prosentase 3,8 persen tersebut jika dijumlahkan setara dengan 433.000 angka kematian yang terjadi pada setiap tahun di seluruh dunia. Itu bukan angka kematian yang rendah yang disebabkan karena kebiasaan duduk lama.

Baca Juga  Usia Emas Seorang Wanita Melahirkan

 

Kondisi ini akan jauh lebih berbahaya lagi jika kita mempunyai gaya hidup yang kurang aktif. Apabila anda mengharuskan untuk bekerja dengan posisi duduk yang lama, maka untuk mengurangi resiko kematian dini harus diimbangi dengan banyak beraktivitas.

Baca Juga : Manfaat Jalan Kaki 15 Menit Sehari Bisa Mengurangi Resiko Kematian Dini

 

Ternyata kebiasaan duduk lama ini sudah menjadi gaya hidup manusia modern sekarang ini. Hal ini sudah berdasarkan sebuah kajian yang dilakukan selama 9 tahun mulai 2002 sampai 2011. Dari hasil data tersebut didapatkan bahwa lebih dari 60 persen penduduk dunia mempunyai kebiasaan duduk lama lebih dari tiga jam sehari.

Baca Juga  Manfaat Yang Terkandung Pada Buah Alpukat Untuk Kesehatan

 

Adapun deretan negara dengan angka kematian tertinggi yang disebabkan karena duduk lama adalah wilayah Pasifik Barat, sebagian Eropa, Belanda, Lebanon. Untuk negara dengan angka kematian terendah akibat duduk lama adalah negara Meksiko dan Myanmar.

 

Dengan adanya hasil penelitian ini menunjukkan kalau kebiasaan duduk lama lebih dari tiga jam sehari bukan perkara sepele. Kebiasaan buruk ini mempunyai efek jangka panjang yang sangat buruk yaitu resiko kematian dini. Jika kita berhasil mengurangi kebiasaan duduk sampai dua jam sehari, maka kita bisa mengurangi resiko kematian dini sebanyak 2,4 persen.

Baca Juga  Ternyata Duduk Dalam Waktu Yang Lama Bisa Menurunkan Kadar Kolesterol Baik

Artikel Terkait : Cara Tetap Sehat Meskipun Duduk Seharian di Kantor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *