Kebiasaan Buruk Yang Bisa Membuat Kita Gemuk

header niko 728 x 90

makan dalam jumlah banyak

InspirasiBersama.com – Secara naluri, setiap orang mempunyai sebuah kebiasaan buruk yang sering kali dilakukan. Bahayanya jika ternyata kebiasaan tersebut bisa memicu peningkatan berat badan atau obesitas. Beberapa kebiasaan buruk yang sering dilakukan banyak orang adalah malas berolahraga, malas sarapan, malas bangun pagi, suka menunda pekerjaan, suka bermain gadget dll.

Yang berhubungan dengan kenaikan berat badan, kebiasaan buruk yang sering dilakukan adalah sering menunda waktu makan seperti saat sarapan atau makan siang. Ada banyak alasan mengapa kita suka menunda makan, namun biasanya disebabkan karena kesibukan pekerjaan.

Banyak diantara kita yang belum tahu kalau semakin sering kita menunda waktu makan, maka akan meningkatkan resiko obesitas atau kenaikan berat badan. banyak diantara kita yang beranggapan bahwa dengan tidak melakukan sarapan maka bisa membuat tubuh kita cepat langsing. Itu merupakan anggapan yang salah.

Berikut beberapa kebiasaan yang bisa membuat kita gemuk :

1. Kebiasaan buruk: Makan banyak pada malam hari
Kebiasaan buruk pertama yang bisa membuat kita gemuk adalah makan dalam jumlah yang banyak pada malam hari. Kebiasaan ini lebih sering disebabkan karena sering menunda makan pada pagi dan siang hari dengan alasan sibuk bekerja.

Baca Juga  Benarkah Orang Yang Malas Cenderung Memiliki IQ Yang Tinggi ?

Perbaiki: Yang harus anda lakukan adalah jangan suka menunda sarapan dan makan siang. Sarapan pagi dan makan siang sangat penting untuk membuat kita tidak makan secara berlebihan pada malam hari. Selain itu orang yang suka menunda waktu makan juga meningkatkan resiko banyak ngemil makanan yang kurang sehat yang memicu peningkatan berat badan.

2. Kebiasaan buruk: Terlalu banyak snack bar
Kebiasaan buruk yang kedua yang bisa membuat gemuk adalah makan snack bar dalam jumlah yang banyak. Biasanya orang yang suka makan snack bar adalah mereka yang suka mengganjal perut. Padahal kita tahu bahwa jenis makanan ini juga mengandung beberapa zat kimia dan bahan pengawet.

Terlalu banyak konsumsi snack bar juga meningkatkan asupan kalori kita sampai 300 kalori. Jika kita kurang aktivitas, maka hal ini akan memicu peningkatan berat badan.

Baca Juga  Bagaimana Cara Mencuci Buah dan Sayur Dengan Benar ?

Perbaiki:  Anda boleh saja mengkonsumsi snack bar, namun sangat disarankan jangan terlalu banyak. Makanlah secukupnya jika anda ingin mengganjal perut dalam kondisi sibuk bekerja atau setelah melakukan olahraga.

3. Kebiasaan buruk: Makan dalam porsi besar
Tidak dapat dipungkiri bahwa kita suka makan dalam porsi yang besar. Kita akan cenderung berhenti makan saat perut kita terasa kenyang. Padahal makan sampai kondisi kenyang bisa membiat banyak kalori dalam tubuh yang berpotensi disimpan tubuh dalam bentuk lemak. Hal inilah yang memicu peningkatan berat badan.

Perbaiki:  Yang harus kita lakukan adalah jangan makan dalam jumlah yang besar. Lakukan makan dalam porsi yang cukup dan berhenti makan sebelum kita merasa kenyang. Dengan begitu kita terhindar dari rasa kenyang yang memicu peningkatan berat badan.

4. Kebiasaan buruk: Konsumsi karbohidrat dalam jumlah yang berlebihan
Kebiasaan buruk yang ke empat adalah suka konsumsi karbohidrat secara berlebihan. Tidak dapat dipungkiri kalau mental orang Indonesia lebih suka makan nasi dalam jumlah yang banyak dibandingkan dengan lauk atau sayur. Lihat saja kalau kita makan, pasti nasinya banyak, namun ikan dan sayur hanya sedikit. Kebiasaan seperti ini akan memicu peningkatan berat badan.

Baca Juga  Pengen Punya Anak Perempuan ? Yuk Konsumsi Makanan Ini

Perbaiki:  Pola makan yang seperti ini akan membuat kita beresiko mengalami peningkatan berat badan. Untuk menghindari hal ini, maka cobalah untuk merubah maind set kita dalam menentukan komposisi makan. Ambil nasi atau karbohidrat yang cukup, namun lebih banyak ke sayur dan lauk. Dengan begitu akan lebih banyak kandungan serat yang masuk dalam tubuh kita yang membuat kita lebih lama merasakan kenyang.

Artikel Terkait : Beberapa Kendala Dalam Menurunkan Berat Badan 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *