Kapankah Usia Terbaik Pada Anak Untuk Mulai Bersekolah

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Dunia pendidikan saat ini terbilang sudah sangat maju. Buktinya zaman sekarang semakin banyak sekolah-sekolah yang hadir khusus untuk anak di usia dini. Yang pada zaman dulu masih jarang banget dijumpai atau bahkan belum ada.

Saat ini banyak sekali orang tua yang menyekolahkan anaknya di usia yang masih sangat dini. Misalkan anak yang masih berusia 2 tahun sudah di masukkan sekolah.

sumber gambar : http://www.bimba-aiueo.com

Walaupun tempat sekolah anak di usia dini cenderung di ajak main-main, namun menyekolahkan anak di usianya yang masih sangat dini bukanlah pilihan yang bijak.

Baca Juga  Jangan Pernah Beranggapan Terlambat Untuk Berhenti Merokok

Baca Juga : Waktu Terbaik Seorang Anak Melakukan Tidur Malam

Hal ini karena menurut studi menganjurkan agar para orang tua tidak menyekolahkan anaknya di usianya yang masih di bawah lima tahun.

Bahkan hasil studi saat ini mengungkapkan jika anak yang mulai masuk sekolah di tingkat taman kanak-kanak (TK) si usia 5-6 tahun akan cenderung memiliki prestasi yang cemerlang di bidang akademis saat usianya menginjak 7 dan 11 tahun.

Baca Juga  Inilah Nutrisi Yang Bisa Menghancurkan Lemak Dalam Tubuh Kita

Dan bahkan, para psikolog juga mengungkapkan jika anak yang mulai masuk sekolah di usianya yang menginjak 6 tahun akan mempunyai pengendalian diri yang sangat baik.

Pengendalian diri ini sangat penting untuk anak, menurut psikolog kendali diri ialah fungsi eksekutif yang sangat baik dimiliki oleh anak-anak di usia tersebut.

Seorang psikolog juga menjelaskan fungsi eksekutif ialah sebuah ketrampilan mental yang dapat membantu seorang anak dalam menyelesaikan suatu tugas.

Seorang anak yang memiliki fungsi eksekutif kuat, mereka akan dapat mengatur waktu lebih baik serta dapat tetap fokus meskipun mereka menemukan distraksi.

Baca Juga  Tips Menggunakan Earphone Agar Tidak Merusak Pendengaran

Artikel Terkait : Tips Mengatasi Anak Yang Sulit Berteman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *