Kapan Waktu Terbaik Untuk Melakukan Cek Tekanan Darah ?

header niko 728 x 90

cek tekanan darah

Penelitian  terbaru mengungkapkan bahwa pengukuran tekanan darah bagi penderita hipertensi sangat bagus saat dilakukan pada pagi hari dibandingkan dengan malam hari. Hal ini sangat bermanfaat sekali untuk mengecek tekanan darah para penderita hipertensi yang sangat disarankan untuk rutin melakukan cek tekanan darah.

Penelitian ini dilakukan pada orang-orang Jepang yang dilakukan pada pagi hari. Hasilnya ada hubungan antara peningkatan tekanan darah pada pagi hari, dengan resiko timbulnya penyakit stroke.

Seorang peneliti dari Jepang yang bernama Jichi di Medical University mengatakan : pada saat pagi hari adalah waktu yang tepat untuk melakukan pengecekan tekanan darah, karena pada pagi hari tekanan darah akan cenderung meningkat. Hal ini sebagian besar dialami oleh orang Asia, dan ini berbeda dengan orang di negara barat. Untuk itu bagi orang Asia pengukuran tekanan darah pada pagi hari sangatlah penting.

Baca Juga  Gunakan Kaos Kaki Jika Ingin Tidur Lebih Nyenyak

Penelitian ini telah melibatkan 4300 orang yang berasal dari Jepang dengan mempunyai resiko timbulnya penyakit jantung, stroke dan diabetes.

Para peneliti ini menyuruh kepada 4300 orang untuk melakukan pengecekan rutin tekanan darah pada pagi hari ( satu kali ) dan sekali pada malam hari selama dua minggu.

Dari hasil penelitian ini didapatkan bahwa mereka yang hasil tekanan darah pada pagi hari melebihi 155 mm Hg, akan mengalami resiko lebih tinggi tujuh kali lipat terkena stroke dibandingkan dengan mereka yang tekanan darahnya sekitar 135 mm Hg.

Baca Juga  Cara Mengenali Gejala Kanker Prostat Pada Pria

Dengan demikian bagi anda semua yang saat ini mengalami hipertensi atau tekanan darah tinggi maka sangat disarankan untuk melakukan cek tekanan darah secara rutin pada pagi hari. Bagi anda saat yang tidak menderita hipertensi bisa melakukan pemeriksaan tekanan darah pada pagi hari untuk bisa melakukan kontrol pada tekanan darah sehingga anda bisa menjaga tekanan darah dalam keadaan normal.

Baca Juga  Diabetes Bisa Membuat Rangsangan Seksual Menurun

 

Artikel Terkait : Kapan Sebaiknya Minum Obat Hipertensi 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *