Kanker Paru Bukan Hanya disebabkan Karena Merokok Saja

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Tahukah kita bahwa berdasarkan data sebuah hasil studi menyebutkan kalau 20 % penderita kanker paru bukan disebabkan karena kebiasaan merokok. Selama ini kebanyakan orang manganggap kalau kanker paru disebabkan karena kebiasaan merokok saja.

Ternyata ada tiga penyebab lain seseorang bisa menderita kanker paru selain kebiasaan merokok, diantaranya :

Passive Smoking

kebiasaan yang bisa memicu kanker paru

– Lingkungan
Penyebab pertama orang bisa terkena kanker paru selain merokok adalah disebabkan karena paparan gas radon oleh lingkungan. Ini merupakan sebuah penemuan oleh Badan Perlindungan Lingkungan yang berasal dari AS.

Baca Juga  Berapakah Ukuran Ideal ‘Mr P’ ?

Mungkin kita masih asing dengan gas radon. Ternyata gas radon merupakan sebuah gas yang disebabkan karena adanya pembusukan radioaktif seperti uranium. Gas radon ini mempunyai sifat tak berwarna dan tidak berbau.

Paparan gas radon ini bisa muncul pada sebuah tanah yang mengandung karakteristik radioaktif tinggi. Kondisi ini sangat berbahaya jika diatasnya terdapat sebuah bangunan atau rumah yang rentan penghuninya terpapar oleh gas ini.

 
Selain gas radon, faktor lingkungan yang juga bisa menyebabkan kanker paru adalah asbestos. Asbestos merupakan sejenis bahan yang sering kali digunakan dalam pembangunan bangunan yang tahan api dan pembuatan suatu atap. Namun penggunaannya saat ini sudah dilarang sejak tahun 2003 karena bisa memicu munculnya kanker paru.

Baca Juga  Apa Saja Kebiasaan Orang Sukses Sebelum Tidur ?

– Gaya hidup
Penyebab kedua orang yang terkena kanker paru selain kebiasaan merokok aktif adalah gaya hidup. Gaya hidup yang dimaksud adalah mereka yang menjadi perokok pasif. Perokok pasif atau terpapar asap rokok mempunyai resiko yang sama besar terhadap kanker paru seperti halnya seorang perokok aktif.

Baca Juga : Merokok Bisa Menyebabkan Kualitas Sperma Menurun

– Genetik
Penyebab yang ketiga seseorang menderita kanker paru meskipun tidak merokok adalah disebabkan karena adanya faktor genetik atau keturunan. Seseorang yang mempunyai riwayat keluarga menderita kanker paru lebih mungkin terjangkit meskipun tidak merokok atau menjadi perokok pasif.

Baca Juga  Mengapa Orang Yang Pintar Cenderung Tak Punya Banyak Teman ?

Artikel Terkait : Suka Merokok Bisa Menyebabkan Kulit Kusam dan Cepat Tua

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *