Kandungan Jamur Yang Sangat Bagus Bagi Kesehatan

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Tahukah kita bahwa tanaman jamur memiliki banyak kandungan gizi yang sangat baik bagi kesehatan tubuh kita. Yang pasti bukan jamur yang menyebabkan rasa gatal pada tubuh ya, tapi jamur tanaman yang bisa kita konsumsi.

Siapa sangka jamur memiliki banyak kandungan vitamin, mineral dan banyak jenis nutrisi lain yang apabila kita konsumsi sangat baik bagi kesehatan. Dengan demikian, para pakar gizi sangat merekomendasikan jamur sebagai jenis makanan yang termasuk dalam menu harian anda.

Baca Juga : Benarkah Makanan Yang Berjamur Aman Untuk dikonsumsi ?

sumber gambar : daunbuah.com

Berikut secara detail kandungan nutrisi jamur yang sangat baik bagi kesehatan tubuh kita :

1. Sarat vitamin B.

Kandungan pertama pada jamur adalah kaya akan vitamin B. Beberapa unsur vitamin B yang terkandung dalam tanaman jamur yang sangat baik bagi kesehatan adalah niasin, asam folat dan riboflavin.

Baca Juga  Cara Meredakan Alergi Dengan ‘Home Treatment’

Namun tak semua jenis jamur kaya akan kandungan vitamin B ini, namun sebagian besar jamur mengandung vitamin B. Misalnya saja ada jenis jamur Portobello yang ternyata mengandung lebih banyak asam folat. Selain itu ada jenis jamur Hiitakes yang juga diketahui kaya akan kandungan vitamin B6.

2. Mengandung vitamin D.

Manfaat kedua mengkonsumsi jamur adalah banyak kandungan vitamin D. Kita tahu bahwa vitamin D mempunyai peranan yang sangat penting bagi kesehatan tulang, kekuatan otot, saraf dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita.

Bagi anda yang ingin mendapatkan asupan vitamin D lebih banyak, maka mengkonsumsi jamur bisa menjadi solusi yang sangat efektif dan sangat menyehatkan.

Baca Juga  Minuman Yang Sangat Efektif Membakar Kalori Selain Air Lemon

3. Meningkatkan kekebalan tubuh.

Seperti yang sudah kita sebutkan tadi, mengkonsumsi jamur bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita. Hal ini disebabkan jamur juga kaya akan kandungan antioksidan yang bisa menangkal radikal bebas, mencegah kanker, menurunkan resiko penyakit jantung dan Alzheimer.

Bukan hanya itu saja, jamur juga kaya kandungan selenium yang ternyata sangat bagus bagi kesehatan sistem reproduksi, merangsang prosuksi DNA dan sangat baik bagi penunjang fungsi kelenjar tiroid.

4. Rasanya lezat.

Disamping kaya akan kandungan vitamin, mineral dan nutrisi yang lain, mengkonsumsi jamur juga terbilang lezat. Bahkan orang luar negeri menyebutkan rasa jamur seperti umami yang artinya terasa gurih saat di masak.

Anda bisa mengolah bahan jamur sebagai pelengkap makanan dengan membuatnya menjadi sayuran, campuran salad dan juga bisa berfungsi sebagai makanan pengganti daging yang sangat menyehatkan.

Baca Juga  Lakukan 7 Cara Ini Agar Kekebalan Tubuh Kita Kuat di Musim Hujan

5. Membuat Anda merasa lebih kenyang.

Manfaat kelima mengkonsumsi jamur adalah bisa memberikan rasa kenyang yang lebih lama. Hal ini disebabkan karena jamur kaya kandungan protein dan hanya mengandung 20 kalori saja. Oleh karena itu makan jamur tidak menyebabkan berat badan kita meningkat sehingga sangat bagus bagi mereka yang menjalankan program diet.

Artikel Terkait : Makanan Apa Saja Yang Kaya Kandungan Antioksidan 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *