Kafein Bukan Hanya Bermanfaat Sebagai Penahan Kantuk Saja

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Selama ini banyak orang menganggap kalau kopi hanya bermanfaat untuk menahan rasa kantuk dan memberikan energi pada pagi hari saja. Coba saja lihat kalau orang begadang pasti ada menu minum kopi. Ternyata kafein dalam kopi bukan hanya bermanfaat untuk penahan kantuk saja.

 

Mengapa kafein pada kopi bisa bermanfaat dalam menahan rasa kantuk ? Hal ini disebabkan karena kafein mampu melakukan hambatan pada reseptor A2A yang sangat erat kaitannya dengan rasa ngantuk. Saat reseptor ini mendapatkan gangguan, maka rasa ngantuk akan tertunda.

manfaat-minum-kopi-4

sumber gambar : Bangka Pos – Tribunnews.com

Berikut manfaat lain kafein selain bisa bermanfaat untuk menahan rasa ngantuk :

Baca Juga  Khasiat Makan Pare Bagi Penderita Diabetes

 

Peluruh lemak

 

Manfaat pertama kafein dalam kopi selain menghilangkan rasa ngantuk adalah mampu meluruhkan lemak. Hal ini disebabkan karena saat kita minum kopi, maka secara alami akan meningkatkan produksi panas dalam tubuh kita. Kondisi ini akan membuat banyak lemak terbakar.

 

 

Meningkatkan Fungsi kognitif

 

Manfaat kedua minum kopi adalah mampu meningkatkan fungsi kognitif otak. Dengan kita mengkonsumsi kopi, maka akan meningkatkan produksi 2 hormon yaitu adrenalin dan dopamin yang memberikan rasa lebih nyaman dan pikiran yang lebih fokus. Banyak orang yang sudah membuktikan kalau dengan minum kopi mampu meningkatkan mood yang turun dan meningkatkan motivasi konsentrasi bekerja.

Baca Juga  Apa Manfaat Minum Kopi Sebelum Olahraga ?

Baca Juga : Minum Kopi Secara Rutin Bisa Menghindarkan Dari Resiko Stres dan Depresi

 

Meningkatkan performa aktivitas fisik

Manfaat ketiga kafein selain menahan rasa kantuk adalah mampu meningkatkan performa aktivitas fisik. Coba saja saat anda mau melakukan olahraga minum kopi terlebih dahulu, maka akan meningkatkan kemampuan latihan.

 

And bisa mengkonsumsi suplement kafein saat hendak memulai olahraga. Untuk bisa mendapatkan hasil yang lebih optimal, maka sangat disarankan untuk mengkonsumsinya beberapa minggu sebelum melakukan olahraga fisik dan minum secara teratur.

Baca Juga  Manfaat Yang Terkandung Pada Buah Alpukat Untuk Kesehatan

Artikel Terkait : Konsumsi Kafein Secara Berlebihan Bisa Berbahaya Bagi Kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *