Kadar Kolesterol Yang Tinggi Meningkatkan Resiko Stroke

header niko 728 x 90

serangan stroke

InspirasiBersama.com – Tahukah kita bahwa salah satu penyebab penyakit stroke adalah karena peningkatan kadar kolesterol. Untuk itu kita harus selalu memperhatikan asupan makan kita agar kolesterol kita dapat terkendali. Kita tahu bahwa stroke merupakan jenis penyakit berbahaya yang sering mengancam jiwa seseorang. Apalagi angka penderita stroke di Indonesia sangat tinggi.

Berdasarkan data dari Riset Kesehatan Dasar RI mengatakan angka penderita stroke di Indonesia dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan. Banyak orang yang hanya menganggap stroke lebih disebabkan karena sering mengalami hipertensi atau tekanan darah tinggi. Padahal kadar kolesterol yang tinggi juga turut andil menjadi penyebab munculnya hipertensi yang memicu stroke.

Baca Juga  Apakah Benar Minum 2 Gelas Air Sebelum Makan Menyehatkan ?

Kalau kita berbicara tentang kolesterol, maka ada dua macam kolesterol yaitu kolesterol baik dan jahat. Kolesterol jahat inilah yang menyebabkan resiko penyakit  stroke. Semakin tinggi kadar kolesterol seseorang, maka akan semakin tinggi pula resiko terserang penyakit stroke.

Dalam ilmu kedokteran kolesterol jahat di sebut dengan Low Density Lipoprotein (LDL). Jika kadar LDL seseorang tinggi, maka akan memicu munculnya plak-plak pada pembuluh darah yang sewaktu-waktu bisa menyumbat. Saat terjadi sumbatan pada pembuluh darah di otak, maka hal ini akan menyebabkan ateroskeloris sehingga membuat suplai oksigen ke otak mengalami gangguan sehingga menimbulkan stroke.

Baca Juga  Mengapa Ada Orang Yang Meninggal Saat Tidur ?

 
Apa yang terjadi saat ada sumbatan atau penyempitan pada pembuluh darah yang mengarah ke otak ?. Jika pembuluh darah yang mengarah ke otak mengalami sumbatan atau penyempitan maka akan membuat aliran darah yang membawa oksigen ke otak menjadi terhambat sehingga membuat otak kita kekurangan oksigen sehingga membuat kita lumpuh yang di akibatkan karena kerusakan saraf. Itulah yang dinamakan stroke.

Cara terbaik untuk menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL adalah dengan menjaga pola makan dan pola hidup yang sehat. Anda harus menghindari makan-makanan yang banyak mengandung minyak dan sangat disarankan untuk banyak makan buah dan sayur. Selain itu anda juga harus merubah gaya hidup anda dengan berhenti merokok, olahraga secara teratur dan menghindari stres. Selain itu anda juga sangat disarankan untuk rajin melakukan cek kadar kolesterol darah sehingga kita bisa memantau apabila terjadi peningkatan kadar kolesterol dalam darah.

Baca Juga  Ketahui Alasan Mengapa Minum Air Dingin Kurang Baik Bagi Kesehatan

Artikel Terkait : Sekarang Ini Usia Muda Sudah Harus Waspada Stroke

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *